Berita menyebar di hari Senin lalu ada tendensi pencopotan Dirjen Perhubungan Udara, saya klarifikasi saya mendapat SK Pensiun dari Presiden sejak Agustus lalu
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso mengatakan pergantian dirinya tidak ada kaitannya dengan isu terkini yaitu kecelakaan Lion Air JT 610. 

“Berita menyebar di hari Senin lalu ada tendensi pencopotan Dirjen Perhubungan Udara, saya klarifikasi saya mendapat SK Pensiun dari Presiden sejak Agustus lalu,” kata di Jakarta, Kamis, mengklarifikasi  pemberitaan terkait pergantian Dirjen Perhubungan Udara di lingkungan Kemenhub.

Agus mengatakan sudah pensiun sejak Agustus 2018. Saat ini ia menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk. 

Ia mengatakan perusahaan yang diawasinya itu mengedepankan nilai-nilai keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Keselamatan penerbangan ini harus dkawal dari waktu ke waktu, tidak boleh kendor dan Garuda perusahaan negara yang terbuka,” katanya. 

Vice President Corporate Communication PT Garuda Indonesia Tbk Ikhsan Rosan menjelaskan Agus Santoso sudah tidak lagi menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Udara di Kementerian Perhubungan sejak 27 Juli 2018, lantaran pensiun.

Agus Santoso-pun kini, lanjut dia, aktif di PT Garuda Indonesia Tbk sebagai Komisaris Utama.

"Yang benar adalah Pak Agus sudah pensiun dari jabatan Dirjen Perhubungan Udara sejak 27 Juli 2018, karena secara aturan Undang-undang ASN usia maksimum Dirjen adalah 60 tahun. Kini, Pak Agus aktif sebagai Komisaris Utama di Garuda," ujar Ikhsan.

Surat Keputusan (SK) selesai sebagai Dirjen sekaligus alih status Widyaiswara Utama tertuang dalam  Keppres Nomor 32/M Tahun 2018 ditandatangani Presiden tanggal 5 Juni 2018 dan berlaku sejak 27 Juli 2018.

Setelah pensiun, Ikhsan menjelaskan, jabatan Dirjen Perhubungan Udara kosong selama kurang lebih empat bulan, di mana di dalam kekosongan ini  pengoperasian pesawat Lion JT 610 mulai 15 Agustus 2018 dan kecelakaan 29 Oktober 2018. 

"Jadi, informasi berita yang menyatakan bahwa Menteri Perhubungan mencopot Agus Santoso merupakan buntut kecelakaan Lion Air JT 610  sebagai Dirjen Perhubungan Udara sama sekali tidak benar," kata Ikhsan.

Baca juga: Menhub ganti Dirjen Perhubungan Udara
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018