Jakarta (ANTARA News) - Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) yang ke-100 tahun akan diselenggarakan pada 5-9 Desember 2018 di kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, di Jakarta, Senin, mengatakan tak hanya berisi diskusi  pada kongres yang dilaksanakan selama lima hari tersebut akan ada banyak kegiatan yang membuat kongres tersebut berbeda dengan  sebelumnya.

"Kongres kali ini fokus untuk menyusun Strategi Kebudayaan yang diamanatkan lewat UU Pemajuan Kebudayaan. Strategi Kebudayaan ini akan disampaikan langsung kepada Presiden pada penutupan kongres," kata Hilmar.

Selain tempat menyusun Strategi Kebudayaan, kongres tersebut juga menjadi tempat belajar, setiap harinya akan ada kuliah umum dan pidato kebudayaan.

Para pegiat budaya dan masyarakat yang ingin ikut serta memajukan kebudayaan juga bisa terlibat langsung menyumbangkan pemikirannya  dalam forum penyelarasan pada hari terakhir kongres (9/12).

"Di pitching forum semua anak muda bisa mengutarakan pendapatnya untuk memajukan kebudayaan, sementara kami (Direktorat Jenderal Kebudayaan), hanya mendengarkan ide-ide itu," kata dia.

Selain itu, juga akan beragam ekspresi budaya yang ditampilkan selama kongres, mulai dari film, tari, musik, pameran, mural dan lainnya.

Kongres tersebut dibuka untuk umum, masyarakat dapat mendaftar secara daring, sementara itu untuk masyarakat juga dapat langsung datang ke kongres untuk menyaksikan pidato atau kuliah umum jika tempat masih tersedia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Sri Hartini menyebutkan animo masyarakat untuk hadir dalam kongres tersebut sangat tinggi, ada sekitar 2.995 orang yang telah terdaftar sebagai peserta kongres tersebut baik yang diundang maupun yang mendaftar secara daring.

Tak hanya itu, Kemendikbud juga membuka kesempatan bagi anak muda yang ingin menjadi relawan dalam kongres tersebut.

Ada sekitar 3.324 pelamar, padahal mereka hanya membutuhkan sekitar 100 relawan.

Animo yang besar ini diharapkan kongres tersebut menjadi tempat pertemuan energi besar untuk memajukan kebudayaan Indonesia.

Baca juga: Pegiat akan unjuk karya di Kongres Kebudayaan
Baca juga: Kongres Kebudayaan Indonesia akan rumuskan Strategi Kebudayaan

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018