Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan Anugerah Penghargaan Parahita Ekapraya kepada kementerian, lembaga Pemerintah non-kementerian dan pemerintah daerah yang telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan kesetaraan gender.

Dalam pidatonya Wapres mengatakan peranan perempuan di dunia saat ini telah berubah lewat perkembangan pendidikan dan teknologi. Hal itu berpengaruh juga pada upaya pembangunan pemberdayaan perempuan di Tanah Air.

"Kalau kita lihat di universitas, 75 persen yang 'cumlaude' itu perempuan, itu berubah. Jadi (ada) perubahan drastis pendidikan dan teknologi sehingga peran perempuan itu menjadi lebih besar," kata Wapres JK di Jakarta, Rabu.

Dengan meningkatnya jumlah perempuan di pusaran dunia pendidian tersebut, maka diharapkan peranan perempuan di daerah juga semakin ditingkatkan dengan bimbingan pemerintah daerah setempat.

Selain itu, di bidang demokrasi, Wapres mengatakan Pemerintah terus mengupayakan keterlibatan perempuan antara lain di pemilihan umum dan porsi jabatan menteri.

"Juga 25 persen menteri di kabinet sekarang itu perempuan, mengalahkan DPR yang ada undang-undangnya harus perempuan (30 persen). Jadi artinya kita mempunyai juga suatu kemajuan yang berarti," katanya.

Anugerah Parahita Ekapraya diberikan dalam lima kategori, yaitu utama, madya, pratama, kategori khusus dan kategori mentor.

Penghargaan kategori utama diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri, pemerintah provinsi Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Selanjutnya, penghargaan kategori madya diberikan kepada Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah provinsi Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Kemudian, penghargaan kategori pratama diberikan kepada pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sementara itu, penghargaan untuk kategori khusus dan kategori mentor diberikan Wapres JK kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise.

Pemerintah provinsi yang mendapat penghargaan kategori khusus dan kategori mentor adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sulawesi Selatan. 

Baca juga: Presiden Serahkan Anugerah Parahita Ekapraya

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018