Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menginformasikan gempa magnitudo 4,5 terjadi di Lombok Tengah, Sabtu pukul 12:58 WIB.

"#Gempa Mag:4.5, 22/12/2018 12:58:26 (Pusat gempa di darat 15 km timur laut Lombok Tengah), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV-V Lombok Tengah, IV Lombok Utara, IV Lombok Barat, III Karangasem, II Kuta, IV Lombok Timur," cuit akun @infoBMKG.

Epicentrum atau pusat gempa berada di darat, 15 kilometer timur laut dari Lombok Tengah, berlokasi di 8,56 lintang selatan dan 116,31 bujur timur.

Gempa, yang kedalamannya 10 kilometer ini dirasakan di Lombok Tengah dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) IV hingga V, Lombok Utara (IV), Lombok Barat (IV) dan Lombok Timur (IV).

Guncangan juga terasa hingga ke pulau tetangga, Bali, yaitu di Kuta (II) dan Karangasem (III).

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan enda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.

Baca juga: Gempa 3,5 SR guncang Palu

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018