Banten (ANTARA News) - Relawan Golkar Jokowi (Gojo) memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban bencana tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, Selasa. 

Paket bantuan yang diberikan berupa ribuan paket sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan dan paket kebutuhan balita dan perempuan seperti selimut, biskuit balita, susu formula, pembalut dan popok. 

"Ini merupakan wujud kepedulian sosial Golkar dan Gojo dalam kegiatan apa pun, termasuk dalam penanganan kondisi bencana alam," ujar Sekjen Relawan Gojo, Elang Hidayat, di Banten, Selasa. 

Bantuan itu diterima oleh Koordinator Penanganan Pengungsi, Masruddin Jaha di Pondok Pesantren Annizhomiyyah Jaha Labuan Pandeglang. 

Pemberian bantuan juga dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang juga Ketua DPP Partai Golkar Tb Ace Hasan Syadzily dan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pandeglang.

Elang Hidayat menjelaskan bahwa pihaknya juga telah melakukan sejumlah kegiatan kemanusiaan, antara lain menyiapkan posko kesehatan, indentifikasi kebutuhan di lapangan, distribusi kebutuhan pokok dan persiapan layanan kesehatan. 

"Kami berusaha sesigap mungkin memberikan bantuan, tadi malam meski hujan deras tim kami berangkat membawa ribuan paket bantuan dengan menggunakan mobil truk. Alhamdulillah telah kami distribusikan paket-paket bantuan ini," katanya.

Dia berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban korban bencana dan membantu pemulihan pascatsunami.

Dalam menyampaikan bantuan, pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat setempat untuk memantau perkembangan kebutuhan selanjutnya di lapangan.

Ketua DPP Partai Golkar Tb Ace Hasan Syadzily menyatakan pihaknya mendorong kerja sama lembaga pemerintah untuk bertindak cepat menangani peristiwa tersebut.

Ace juga mengimbau masyarakat di daerah terdampak bencana untuk tetap tenang dan mengungsi di tempat-tempat aman yang jauh dari kemungkinan kembali terjadinya kembali bencana serupa.

Sementara itu, pada hari yang sama Cawapres RI Ma'ruf Amin juga menyalurkan bantuan kepada korban tsunami di Pandeglang, Banten. 

Ma'ruf sekaligus menjenguk dan mendoakan para korban tsunami di sejumlah titik pengungsian di Pandeglang.

Baca juga: Anak korban tsunami minta digendong Ma'ruf Amin
Baca juga: Enam desa di Kecamatan Sumur masih terisolasi
Baca juga: Korban tsunami Selat Sunda capai 492 jiwa


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018