Jakarta (ANTARA News) - Monumen Nasional, Jakarta masih menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk berekreasi di saat hari libur tahun baru, Selasa.

Pengunjung yang sebagian besar datang bersama keluarga, teman atau kekasih memilih duduk-duduk di kawasan Monas sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

Selain itu, beberapa pengunjung lainnya memilih berkeliling kawasan Monas dengan kereta yang disediakan pihak pengelola Monas.

Salah satu pengunjung, Keben (40), yang datang dari Ciputat mengaku merayakan pergantian malam tahun baru di Monas dan memilih kembali lagi ke Monas di hari libur karena kemudahan akses.

"Ya lihat-lihat keramaian saja, daripada di rumah pas hari libur," ujar lelaki asal Pandeglang itu.

Tingginya pengunjung yang mendatangi Monas menyebabkan lalu lintas menuju kawasan IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia) Monas, pada Selasa sore terpantau padat mulai dari pintu Monas Jalan Silang Merdeka Barat Daya atau lampu merah Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga kawasan Stasiun Gambir.

Kepadatan itu merupakan imbas dari antrean kendaraan mobil dan motor menuju Lapangan Parkir IRTI Monas.

Terbatasnya kuota kendaraan di Lapangan Parkir IRTI menyebabkan gedung-gedung di sekitar kawasan Monas menjadi tempat untuk memarkirkan kendaraan pengunjung.

Ada pun masyarakat yang berbondong-bondong menuju pintu masuk IRTI, selain menuju ke Kawasan Monumen Nasional, banyak juga masyarakat yang ingin menaiki bus tingkat City Tour. Masyarakat cukup antre menunggu kedatangan bus di halte IRTI Monas.

Selain itu, sejumlah warga berkeliling di luar Monas dengan delman hias yang menawarkan jasa setiap hari libur.

Baca juga: Anies tinjau pembersihan kawasan Monas usai perayaan tahun baru

Baca juga: Pengunjung jejali Taman Margasatwa Ragunan di libur tahun baru

Baca juga: Arus lalu lintas menuju TMII padat

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019