Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan menutup dan merekayasa sejumlah ruas jalan di Jakarta Selatan, selama Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKP) pekan pertama tiap bulan di Jalan Mampang Prapatan - Jalan Warung Jati Barat, tepatnya di simpang Mal Pejaten Village.

Kepala Sudinhub Jakarta Selatan Christianto di Jakarta, Sabtu, mengatakan, rekayasa lalu lintas berlangsung selama lima jam, mulai pukul 06.00 - 11.00 WIB.

Selama HBKB berlangsung, sepanjang Jalan Mampang Prapatan - Jalan Warung Jati Barat ditutup untuk kendaraan bermotor, sehingga pengendara dari arah Kuningan menuju Ragunan akan dialihkan ke Jalan Duren Tiga - Jalan Raya Pasar Minggu - Jalan Raya Ragunan.

Sementara itu, kendaraan dari arah Ragunan menuju Kuningan akan dialihkan ke Pejaten Barat - Jalan Kemang Selatan - Jalan Kemang Raya - Jalan Bangka Raya - Jalan Kapten Tendean.

Christianto menyebut, rekayasa lalu lintas juga berlaku untuk angkutan umum, khususnya Metro Mini S75 rute Blok M - Pasar Minggu.

Metro Mini S75 yang menuju Jalan Mampang Prapatan dari Jalan Kapten Tendean akan dialihkan ke Jalan Duren Tiga - Jalan Raya Pasar Minggu - Pasar Minggu.

Christianto juga menjelaskan, penerapan rekayasa lalu lintas berlaku untuk seluruh pengendara, kecuali bagi mereka yang tengah dalam kondisi darurat mengantar orang sakit.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengubah waktu pelaksanaan HBKB pada 2019 yang mulanya diterapkan pada minggu ketiga menjadi pekan pertama tiap bulan.

Artinya, HBKB pertama di Jakarta Selatan pada tahun ini akan jatuh pada 6 Januari.

Baca juga: Pemkot Jakut pastikan HBKB 2019 lebih meriah
Baca juga: DKI tiadakan HBKB 26 Agustus 2018
Baca juga: Kegiatan HBKB ditiadakan terkait lari maraton Asian Games


 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019