Sungailiat (ANTARA News) - KPU Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan sosialisasi Pemilu 2019 untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami memaksimalkan sosialisasi masyarakat sampai ke tingkat desa agar partisipasi pemilih meningkat pada Pemilu 2019," kata Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Bangka Hartati di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, sosialisasi dilakukan langsung ke masyarakat termasuk melibatkan tenaga relawan demokrasi yang sebelumnya direkrut sebanyak 55 orang sesuai dengan basisnya masing-masing.

"Dengan sosialisasi itu diharapkan dapat menanamkan kesadaran masyarakat untuk menyampaikan hak suaranya pada Pemilu 2019, suara masyarakat menentukan bangsa selama lima tahun ke depan," jelasnya.

Dia menyarankan seluruh petugas relawan di lapangan agar meningkatkan koordinasi baik langsung ke pihaknya atau pihak penyelenggara pemilu lainnya termasuk antarrelawan jika menghadapi kendala di lapangan.

"Relawan ini ditempatkan di delapan kecamatan yang tersebar di 62 desa atau kelurahan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitas atau segmennya masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Bangka Hasan mengatakan target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 secara nasional sebesar 77,50 persen.

Tercatat jumlah pemilih dalam DPT di Kabupaten Bangka untuk Pemilu 2019 sebanyak 206.733 orang dengan 870 tempat pemungutan suara.

Pewarta: Kasmono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019