Jakarta, (ANTARA News) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan  membuka Pelatihan Bola Basket (Basketball Coaching Clinic) yang merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi  dengan National Basketball Association (NBA) Junior Asia Tahun 2019, di Gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Selasa.
      Kegiatan ini diikuti oleh para guru olahraga tingkat SD, SMP, SMA, dan Sekolah Agama/Pondok Pesantren di Jakarta, sebanyak kurang lebih 3.000-4.000 orang.
      "Saya mengapresiasi kegiatan pelatihan Bola Basket NBA Asia Tingkat DKI Jakarta yang memberikan perhatian penuh dan dukungan kepada para guru olahraga di Kota Jakarta. Dalam upaya peningkatan kapasitas permainan dan prestasi olahraga basket," kata Anies. 
       Diharapkannya pelaksanaan kegiatan ini menjadi kesempatan berharga dan bermanfaat bagi para guru olahraga serta pelatih untuk menularkan dan memberikan semua hasil pelatihan bola basket kepada para siswa didiknya, baik dalam pelajaran ekstra kurikuler maupun pengembangan skill di klub bola basket, katanya.
     "Saya menyambut baik kegiatan Coaching Clinic ini, semua (para peserta) adalah para pelatih (guru olahraga) yang sehari-hari dengan siswa.  InsyaAllah bukan hanya hadir untuk mengajar, mendidik, dan menginspirasi, tapi juga menggerakkan anak-anak kita untuk perubahan yang lebih baik," kata Anies.
     Fokus bukan saja aspek pengertian teknik, tapi aspek interaksinya, aspek pembangkitan semangatnya dan aspek komunikasinya. Mudah-mudahan anak-anak kita bisa ikut bermain di dalam laga-laga dunia, katanya.
    Pelatihan bola basket ini sejalan juga dengan pelaksanaan 60 Daftar Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta, yakni menggelorakan pesta olahraga rakyat di semua tingkat wilayah, yang pada akhirnya bermuara pada perwujudan masyarakat Jakarta yang sehat, kuat dan sejahtera. 
     Dengan kehadiran Tim Pelatih NBA Junior Asia dan modul, menjadi sarana yang tepat bagi peserta untuk semangat berlatih bersama. 
     “Kepada para peserta, manfaatkan ini untuk belajar teknik-teknik melatih anak," kata Anies.
   Salah satu program yang sudah dilakukan berpuluh tahun sehingga kurikulum yang mereka gunakan sudah teruji dan sudah banyak sekali mengalami perbaikan.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019