Di antaranya terdapat 10 mahasiswa asal Thailand yang menyelesaikan studi masing-masing di Fakultas Agama Islam, Fisipol, FKIP dan Fakultas Teknik
Pekanbaru,  (ANTARA News) -  Universitas Islam Riau kembali meluluskan 1.236 ahli madya, sarjana dan magister pada periode I Tahun 2019, sebanyak 10 di antaranya berasal dari Thailand.

"Di antaranya terdapat 10 mahasiswa asal Thailand yang menyelesaikan studi masing-masing di Fakultas Agama Islam, Fisipol, FKIP dan Fakultas Teknik," kata Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr Syafrinaldi dalam pernyataan yang diterima Antara di Pekanbaru, Kamis.

Lulusan perguruan tinggi itu dijadwalkan mengikuti wisuda pada Sabtu (26/1) mendatang.

Universitas Islam Riau (UIR) adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Provinsi Riau yang berkedudukan di Kota Pekanbaru.

Institusi ini didirikan oleh YLPI Riau tanggal 4 September 1962, diresmikan Menteri Agama Republik Indonesia yang dituangkan dalam piagam yang ditanda tangani pada tanggal 18 April 1963. 

Syafrinaldi mengatakan wisuda calon sarjana akan dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka di Arena Volly Indoor Kampus UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru.

Rektor menjelaskan sebanyak 1.236 wisudawan dan wisudawati tersebut berasal dari sembilan fakultas dan satu pascasarjana.

Masing-masing FKIP 337 orang, teknik 116, Fisipol 181, ekonomi 246, hukum 87, pascasarjana 83, pertanian 52, Fikom 28, Fakultas Agama Islam 66 dan psikologi 40 orang.

Ia menjelaskan, hingga periode I-2019 UIR telah meluluskan 51.123 alumni. Mereka telah bekerja di berbagai bidang profesi baik sebagai aparatur sipil negara, swasta maupun politikus.

"Kita akan terus mendorong para alumni supaya meningkatkan prestasi akademik dan pengabdiannya kepada daerah, bangsa dan negara," katanya.

Rektor mengimbau kepada calon wisudawan beserta para orang tua, supaya hadir di GOR satu jam sebelum pelaksanaan acara dimulai. Ia mengingatkan wisudawan bahwa dengan jumlah wisudawan sebanyak itu, diperkirakan 6.000 orang akan masuk ke lokasi acara.

Mereka terdiri atas wisudawan, juga orang tua beserta anggota keluarga lainnya, anggota senat universitas, undangan serta panitia. 

Karena itu, lanjutnya, supaya calon wisudawan tidak terjebak macet di sepanjang Jalan Kaharuddin Nasution menuju ke kampus UIR maupun di pintu masuk kampus, calon wisudawan diminta datang lebih awal.

"Kita harapkan semua prosesi acara wisuda berjalan lancar, dan selesai tepat waktu sesuai jadwal yang diatur panitia," ujar rektor. 

Baca juga: UMM dijadikan mahasiswa Thailand belajar budaya Jawa Timur-an

Baca juga: 30 mahasiswa Thailand ikut KKN Universitas Airlangga

Pewarta: Febrianto Budi Anggoro
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019