Magelang (ANTARA News) - Sebanyak 295 taruna/taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang mengikuti Masa Orientasi Kopral Taruna Akmil di Lapangan Sapta Marga.

Kapenhumas Akmil Letkol Inf Zulnalendra Utama di Magelang, Sabtu, mengatakan masa orientasi yang berlangsung 1-2 Februari 2019 diikuti 277 taruna dan 18 taruni.

Ia menuturkan masa orientasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada taruna dan taruni yang baru masuk ke Akmil tentang kehidupan korps taruna/taruni yang sehat, kreatif, dan dinamis.

Kegiatan orientasi juga bertujuan untuk memupuk dan menanamkan kebanggaan dan rasa memiliki terhadap Akmil sehingga akan membangkitkan kesadaran dan motivasi yang tinggi dalam menempuh pendidikan di Akmil.

Selain itu, menjadikan bekal awal terhadap pola pendidikan yang akan ditempuh dan dilaksanakan taruna/taruni tingkat I (Kopral Taruna) di Akmil dengan berpedoman kepada Tri Pola Dasar Pendidikan (bidang sikap dan perilaku, bidang akademis, bidang jasmani).

Materi kegiatan masa orientasi taruna dan taruni diawali dengan upacara pembukaan masa oriientasi oleh Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi dilanjutkan pengibaran bendera orientasi di puncak Gunung Tidar.

Kemudian dilanjutkan pengenalan alat Lokananta, temu taruna senior, pengenalan tata cara makan di ruang makan, pengenalan peraturan khusus taruna (Perkhustar), pendadakan, orientasi Tidar Pisangan serta di akhir kegiatan masa orientasi, yaitu pemilihan keluarga asuh dan dilanjutkan upacara penutupan masa orientasi.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019