TOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE)-- ASEAN-Japan Centre (AJC) mengorganisir ASEAN-Japan Women Entrepreneurs’ Linkage Program (AJWELP) ke-3, yang memberdayakan wirausahawati perusahaan rintisan (startup), di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 - 30 Januari 2019. Event tersebut digelar bersama oleh SME Corporation Malaysia.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20190218005438/en/

Pemerintah negara anggota ASEAN dan Jepang berkomitmen mempromosikan pengembangan UMKM termasuk pemberdayaan wirausahawati untuk meningkatkan masyarakat yang lebih setara gender. Guna mendorong upaya ini, AJC meluncurkan AJWELP, program dukungan bagi wirausahawati startup di negara anggota ASEAN, untuk menjalin hubungan di antara startup, perusahaan dan mentor. Ia pertama kali diorganisir di Manila, Filipina pada tahun 2016, disusul Jakarta, Indonesia pada 2017.

AJWELP ke-3 ini juga menghadirkan presentasi bisnis pada 29 Januari, di mana startup dari ke-10 negara anggota ASEAN menyampaikan presentasi tentang bisnis dan tantangan mereka, di hadapan perwakilan dari perusahaan dan mentor yang merupakan wirausahawan senior. Setelah presentasi bisnis tersebut, perwakilan perusahaan memutuskan startup mana yang akan mereka dukung, sejalan dengan bisnis perusahaan. Terdapat 153 dukungan yang ditawarkan kepada 10 finalis oleh 27 perusahaan pendukung.

Momen penting lain di antaranya resepsi jejaring pada malam hari yang digelar seusai presentasi bisnis, yang disemarakkan dengan kehadiran Yang Amat Berhormat Dato’ Seri Dr. Wan Azizah Wan Ismail, Deputi Perdana Menteri Malaysia yang juga Menteri urusan Perempuan, Keluarga dan Pengembangan Masyarakat, serta pejabat pemerintah terhormat lainnya. Deputi PM tersebut menyampaikan pidato kunci, berbagi fakta tentang UKM milik perempuan di Malaysia dan bagaimana pemerintah Malaysia mendukung mereka. Lebih lanjut, ia mengomentari AJWELP kalau program itu akan membawa kesuksesan yang lebih besar dalam memberdayakan perempuan di wilayah ASEAN karena sudah diselenggarakan selama tiga tahun berturut-turut.

AJC percaya kalau dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh perusahaan dan mentor akan mendorong dan berguna bagi startup untuk lebih memperluas bisnis mereka. Startup yang berpartisipasi diharapkan pada akhirnya akan menjadi wirausahawan yang sukses dan menjadi panutan bagi startup junior lainnya di masa mendatang.

    * Laporan AJWELP ke-3: https://www.asean.or.jp/en/exchange-info/20190208/
    * Daftar perwakilan negara anggota ASEAN dan mentor:
    https://www.asean.or.jp/ja/wp-content/uploads/sites/2/AJWELP_2019_List_of_Finalists_and_Mentors.pdf
    * Video singkat AJWELP ke-3: https://youtu.be/2PF34OhW00g
    * Laman Facebook AJWELP: https://www.facebook.com/joinAJWELP/

ASEAN-Japan Centre


ASEAN-Japan Centre adalah organisasi antar pemerintah yang didirikan oleh negara anggota ASEAN dan Jepang pada tahun 1981. Ia telah mempromosikan ekspor dari wilayah ASEAN ke Jepang sambil merevitalisasi investasi, pariwisata serta pertukaran orang antara negara anggota ASEAN dan Jepang.
URL: https://www.asean.or.jp/en/

Lihat versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20190218005438/en/

Kontak

ASEAN-Japan Centre
Junko Nukiyama
TEL +81-3-5402-8118
FAX +81-3-5402-8003
E-mail: toiawase_ga@asean.or.jp
1F, Shin Onarimon Bldg., 6-17-19 Shimbashi,
Minato-ku, Tokyo 105-0004 Japan

Sumber: The ASEAN-Japan Centre

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019