Silahkan memilih sesuai hati nurani kalian tapi diingkatkan kembali mesti sama-sama kita bersatu untuk menjaga Kota Makassar tetap aman dan damai."
Makassar (ANTARA News) Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menargetkan partisipasi pemilih di Kota Makassar sebesar 75 persen seraya mengajak seluruh masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya  pada Pemilu serentak 17 April 2019    

"Saya berharap semua kompak ke TPS agar partisipasi masyarakat untuk memilih menjadi tinggi," kata Ramdhan saat membuka jalan santai sekaligus Deklarasi Damai pemilu serentak di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Pria disapa akrab Danny Pomanto ini menyebutkan, Pilkada Wali Kota Makassar 2018 lalu diketahui partisipasi pemilih masyarakat tercatat hanya mencapai 58 persen atau jauh dari target KPU Makassar.

Melihat dari pengalaman itu, Danny berharap rendahnya partisipasi tersebut tidak terulang pada Pemilu serentak nanti. Tentunya Pemerintah Kota akan berusaha memaksimalkan membantu KPU Makassar dengan menargetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 75 persen atau masyarakat yang datang ke TPS. 

Dia menyampaikan apa pun pilihan masyarakat, hak itu dijamin oleh negara. Sehingga ia menekankan agar warga  jangan pernah takut karena semua bebas memilih pilihannya dan jangan saling mengintimidasi.

"Karena ini hanya pemilu. Jangan hanya gara-gara beda pilihan baru kita semua bermusuhan. Kita semua harus tetap bersatu, siap?," papar Danny dengan suara lantang  disambut pekik massa menyatakan siap menyalurkan hak pilihnya ke TPS.

Dengan melihat beberapa pengalaman yang lalu, salah satu kejadian, di daerah lain, terjadi perselisihan hanya gara-gara beda pilihan, kubur keluarganya pun harus dipindahkan ke tempat lain, ini sungguh ironis. 

"Pemilu ini hanya soal pilihan, semua pilihan kita pasti baik, tapi yang jelas kita harus bersatu, harus selalu bersatu, untuk menjaga suasana tetap aman dan kondusif," paparnya. 

Danny kembali mengingatkan agar masyarakat bisa memilih siapa pun Calon Legislatif maupun Calon Presiden-Wakil Persiden terbaiknya agar tidak ada penyesalan selama lima tahun ke depan. 

"Silahkan memilih sesuai hati nurani kalian tapi diingkatkan kembali mesti sama-sama kita bersatu untuk menjaga Kota Makassar tetap aman dan damai," tambahnya.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019