Jakarta (ANTARA News) - Kepala Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman, Rahmat Irawan, mengatakan pihaknya sudah mulai mengevakuasi kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Sore ini kita lakukan evakuasi terhadap 34 kapal yang terbakar, untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Selanjutnya dermaga ini akan kita fungsikan terhadap kapal yang memilki izin saja," ujarnya saat ditemui Antara di lokasi kebakaran, Senin.

Dijelaskanya setelah kapal-kapal tersebut dievakuasi, pihaknya akan mengidentifikasi dan memeriksa kondisi fisik kapal sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

"Kapal-kapal yang terbakar ini akan diidentifikasi, jika tidak lagi bisa digunakan kita akan kembalikan ke pemiliknya," katanya.

Jika ternyata, kapal-kapal tersebut ternyata bisa direkondisi kemudian bisa dioperasikan kembali, maka nanti akan dikoordinasikan dulu dengan pihak terkait.

Dia juga menyampaikan jajarannya akan menata kembali pelabuhan dan membatasi kapasitas kolam pelabuhan.

"Dermaga akan kita tata kembali, tata kelola yang baik, seluruh kapal yang memiliki izin akan kita tempatkan, kapasitas kolam pelabuhan kita dikunci di angka 500 kapal," pungkasnya.

Baca juga: Polisi periksa 18 saksi terkait kebakaran kapal nelayan
Baca juga: Kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru terbakar


 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019