Dengan akal sehat yang waras. Dikontrol tapi dengan cara yang halus tetapi tajam. Harus sopan, jangan ikut hanyut dalam kebiadaban itu."
Yogyakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafii Maarif meyakini Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD merupakan sosok yang tegar sehingga mampu menghadapi hoaks yang menderanya.

"Enggak apa-apa biasa itu. Mahfud itu orang tegar, apalagi dia punya darah Madura jadi dia tegar," kata Syafii di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat.

Sebelumnya pada Rabu (27/2), akun twitter @KakekKampret_ bercuit dengan me-`mention` akun Mahfud MD. "Saudara Mahfud @mohmahfudmd apa bener mobil Camry punya anda pelat B-1-MMD adalah setoran dari pengusaha besi kerawang ex cabup PDIP. Jika bener atas dasar apa pemberian itu. kakek sekadar bertanya (ditambah dua emoticon simbol tertawa).#17April2019GantiPresiden."

Selanjutnya pada Jumat (1/3) Mahfud MD mendatangi Mapolres Klaten untuk melaporkan kasus hoaks yang menyerangnya itu.

Menurut Syafii, maraknya penyebaran informasi hoaks di media sosial menjelang Pemilu 2019 menandakan bahwa peradaban di Indonesia sedang merosot. "Itu karena syahwat kekuasaan yang tidak bisa dibendung," kata dia.

Syafii menilai masyarakat dapat melawan hoaks dengan akal sehat disertai sikap yang sopan tanpa terprovokasi.

"Dengan akal sehat yang waras. Dikontrol tapi dengan cara yang halus tetapi tajam. Harus sopan, jangan ikut hanyut dalam kebiadaban itu," ujar dia.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019