Jakarta (ANTARA) - Film adalah medium untuk mengenal kehidupan orang lain di berbagai tempat, sehingga  produser Mira Lesmana selalu penasaran dan ingin menikmati karya-karya sineas dari penjuru dunia, termasuk Australia.

Produser yang dipilih sebagai Sahabat Festival Sinema Australia Indonesia 2019 itu kemudian berbagi rekomendasi film-film dari Negeri Kangguru yang wajib ditonton.


1. Picnic at Hanging Rock

Film drama misteri yang disutradarai Peter Weir ini tayang pada 1975. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Joan Lindsay. "Picnic at Hanging Rock" berkisah tentang menghilangnya beberapa siswi dan guru saat berpiknik di Hanging Rock, Victoria, pada hari Valentine tahun 1900.

2. Gallipoli

Film ini juga disutradarai Peter Weir dan dirilis di Australia pada 1981. Dibintangi Mel Gibson, "Gallipoli" berkisah tentang pemuda-pemuda yang menjadi tentara Australia saat Perang Dunia I. Film ini disebut memperlihatkan kehidupan di Australia pada era 1910-an.

3. Lantana

Film drama ini dirilis pada 2001. "Lantana" disutradarai Ray Lawrence ini membawa pulang gelar film terbaik dan skenario adaptasi terbaik dari Australian Academy of Cinema and Television Arts Awards.

Mengambil latar belakang Sydney,
"Lantana" berkisah tentang hubungan rumit antara karakter-karakter dalam film. Lantana diambil dari nama tanaman tempat seorang mayat perempuan ditemukan di awal film ini.

4. Rabbit-Proof Fence

Film arahan Phillip Noyce ini diangkat dari buku "Follow the Rabbit-Proof Fence". Film ini berkisah tentang keluarga Aborigin yang berjalan kaki selama sembilan pekan untuk kembali ke komunitas mereka di Jigalong, melarikan diri dari penegak hukum kulit putih dan para pelacak Aborigin.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019