Bupati Badung serahkan bantuan bedah rumah ke Jembrana

id Pemkab badung

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan sebanyak 300 unit bedah rumah layak huni untuk masyarakat Jembrana di Wantilan Mendopo Kesari Kabupaten Jembrana, Kamis (21/3/2019). Antaranews Bali/Humas Badung/fik/19

Jembrana (ANTARA) - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk pembangunan rumah sehat dan layak huni atau program bedah rumah ke Kabupaten Jembrana, Bali, setelah sebelumnya menyerahkan bantuan serupa di Kabupaten Buleleng dan Tabanan.

"Bantuan bedah rumah ini merupakan wujud dari komitmen Pemkab Badung yaitu 'Badung Angelus Buana' atau Badung berbagi dari Badung untuk Bali," ujar Bupati Giri Prasta, di Wantilan Mendopo Kesari, Jembrana, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan sebanyak 300 unit bedah rumah layak huni dengan nilai total Rp15 miliar bagi masyarakat Jembrana.

"Sekarang kami memberi bantuan 300 unit bedah rumah. Namun, itu tidak berhenti di sini saja dan akan terus berlanjut, kami akan tuntaskan untuk Kabupaten Jembrana. Untuk enam kabupaten di Bali, kami bantu sebanyak 2.000 unit rumah dengan anggaran Rp100 miliar," katanya.

Ia berharap, masyarakat yang mendapat bantuan harus benar-benar menggunakannya dengan baik. Nantinya, bentuk bangunan rumah sehat dan layak huni itu diharapkan dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar bebas, kamar mandi dan dapur.

"Kami harapkan rumah ini juga dibangun dengan gotong rotong dan bentuknya seragam. Dengan adanya bantuan ini kami melihat Pancasila ada lima sila, kalau diperas lagi menjadi Trisila, diperas lagi menjadi Ekasila dan diperas lagi menjadi gotong royong, sehingga semangat gotong - royong inilah menjadi motivasi," kata Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta menambahkan, program yang dilakukan tersebut mengikuti program dari Presiden Joko Widodo yaitu, membangun Indonesia dari pinggiran.

"Badung membangun Bali dari pinggiran. Setelah program bedah rumah ini tuntas, kami akan lanjutkan dengan program rehab berat dengan anggaran Rp30 juta dan rehab ringan dengan anggaran Rp15 juta dan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk membuat usaha, dengan bantuan Rp15 juta yang akan digerakkan di enam Kabupaten di Bali," ujarnya.

Untuk di Jembrana, terdapat 11 desa yang menerima bantuan bedah rumah tersebut yaitu, Desa Berangbang, Desa Baler Bale Agung, Desa Cupel, Desa Banyubiru, Desa Pengambengan, Desa Loloan Barat, Desa Kaliakah, Desa Baluk, Desa Lateng, Desa Tegal Badeng Barat dan Desa Tegal Badeng Timur.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Putu Artha mengatakan, Kabupaten Badung sudah banyak memberi bantuan ke Kabupaten Jembrana sejak tahun 2017 sampai sekarang.

"Saya mewakili masyarakat Kabupaten Jembrana mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Badung bersama jajaran sudah banyak membantu pembangunan infrastruktur di Kabupaten Jembrana," ujarnya. 

Baca juga: Pembangunan 2.000 rumah sehat di Badung-Bali mulai direalisasikan

Baca juga: Badung genjot DED pembangunan Taman Bung Karno

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar