Kediri (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kediri, Jawa Timur, menjalin kerja sama dengan BUMDes Medowo Sejahtera, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, untuk meningkatkan kesejahteraan dan potensi desa lewat edukasi literasi keuangan.

"Kami menjalin kerja sama dengan pemerintah desa untuk pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes). Kami bertekad memberikan layanan terpadu dengan edukasi literasi keuangan agar BUMDes bisa berdaya bagi masyarakat desa guna mewadahi kegiatan ekonomi desa," kata Pemimpin BNI Cabang Kediri Yari Yudho Purwanto di Kediri, Jumat.

Ia juga menambahkan, selain program edukasi literasi keuangan itu, BNI juga ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi mitra BNI yang berfungsi sebagai penyedia dan perpanjangan tangan dalam memberikan layanan perbankan melalui Agen46.

Agen46, kata dia, merupakan mitra BNI baik perorangan atau badan hukum yang telah bekerjasama dengan BNI guna menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat. Layanan tersebut misalnya Laku Pandai, layanan keuangan digital (LKD) hingga Layanan 'e-Payment' dalam rangka keuangan inklusif.

Ia menambahkan, BNI Kantor Cabang Kediri juga telah bekerjasama dengan beberapa BUMDes yang tersebar di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk, dan salah satu yang paling menonjol adalah BUMDes Medowo Sejahtera di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

Di desa ini cukup terkenal karena berbagai potensi wisata alam di antaranya Bukit Gandrung Tanggulasi, Air Terjun Sumber Jodo, Air Terjun Tretes dan masih banyak lagi.

Selain itu, di Desa Medowo juga sering disebut sebagai desa kuliner karena memiliki hasil alam yang melimpah, misalnya Kopi Excelsa dari perkebunan kopi Medowo, susu sapi perah asli, hingga buah durian khas Medowo. Bahkan, setiap tahun di tempat ini juga sering diadakan festival makan durian khas Medowo.

Ia mengungkapkan, Desa Medowo juga merupakan salah satu desa dengan banyak prestasi, salah satunya terpilih sebagai desa terbaik kategori pengelolaan wisata dalam Anugerah Desa 2018.

"BUMDes Medowo bekerja sama dengan BNI Kantor Cabang Kediri untuk pendampingan kegiatan ekonomi, bisnis dan keuangan. Selain itu BUMDes Medowo juga telah menjadi Agen46 yang berfungsi sebagai penyedia dan perpanjangan tangan bank dalam memberikan layanan perbankan, baik itu pembukaan rekening, transfer, setor, tarik tunai dan lain-lain, semua bisa dilayani di kantor BUMDes tanpa harus ke bank," ujar dia.

Ia juga mendorong agar lebih banyak pemerintah desa lewat BUMDes yang bergabung dan bekerja sama dengan BNI dengan harapan kegiatan ekonomi masyarakat desa menjadi lebih meningkat. "Ini karena adanya akses perbankan di Agen46 yang lebih mudah, lebih cepat, lebih dekat," kata Yari.*


Baca juga: NTT optimalkan pembentukan BUMDes

Baca juga: Fun Bike Tour de BUMDes 2019 finis di Lembah Harau


 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019