Kami sudah mendapat surat tembusan untuk izin cuti kampanye Wabup Lumajang Indah Amperawati
Lumajang (ANTARA) - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengajukan izin cuti untuk kampanye terbuka pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang dihadiri Sandiaga Uno di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis.

"Kami sudah mendapat surat tembusan untuk izin cuti kampanye Wabup Lumajang Indah Amperawati," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang Amin Shobari di Lumajang.

Cuti kampanye kepala daerah hanya boleh dilakukan 1 kali dalam sepekan dan ketentuan itu telah tertuang dalam Pasal 303 ayat 1 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Pada pasal 1 menyebutkan, gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, atau wali kota dan wakil wali kota sebagai anggota tim kampanye dan/atau pelaksana kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 299 ayat (3) huruf b dan huruf c dapat diberikan cuti.

"Berdasarkan surat Wabup Lumajang perihal izin cuti di luar tanggungan negara untuk melaksanakan kampanye Pemilu 2019 yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Timur pada 22 Maret 2019 dan ditembuskan kepada Bawaslu Lumajang menyebutkan Indah Amperawati sebagai Wabup Lumajang 2018-2023 mengajukan izin cuti di luar tanggungan negara selama satu hari pada 4 April 2019," tuturnya.

Izin cuti tersebut diajukan Wabup Lumajang sesuai dengan surat sekretariat calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga S. Uno Nomor:21/III/PB-15/2019 tanggal 21 Maret 2019 perihal pemberitahuan kegiatan kampanye terbuka Prabowo-Sandi di Lumajang pada 4 April 2019, maka untuk memenuhi ketentuan pasal 281 ayat (1) huruf b, Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam surat tersebut, Indah menyatakan tidak akan memanfaatkan fasilitas dalam jabatan selama menjalani cuti untuk kampanye, kecuali fasilitas pengamanan bagi pejabat negara sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Hari ini Bawaslu melakukan pemantauan di lokasi kampanye terbuka yang dihadiri cawapres Sandiaga Uno, sehingga diharapkan tidak ada pelanggaran yang dilakukan peserta kampanye," ucapnya.

Sesuai jadwal yang diterima ANTARA di Lumajang, rombongan Sandiaga Uni tiba di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 07.00 WIB dan kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Lumajang yang diprediksi tiba di Kota Pisang pada pukul 10.30 WIB.

Kemudian rombongan akan transit di posko Rumah Ganti Presiden di jalan Ahmad Yani Lumajang yang disambut oleh puluhan habaib Lumajang dan pada pukul 11.00 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan ke Stadion Semeru Lumajang yang diarak oleh ribuan pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sanidaga Uno.

Setelah dari Lumajang, Sandiaga Uno akan melanjutkan perjalanan darat ke Surabaya untuk menghadiri kegiatan dialog bersama ribuan guru PAUD yang digelar di DBL Arena Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Pemilu Presiden 2019 diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yakni pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019