Pertanian tentu tidak akan menjadi bagian dari negosiasi ini. Ini adalah garis merah untuk Eropa
Brussels (ANTARA) - Uni Eropa siap memulai pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan dengan Amerika Serikat (AS) dan bertujuan untuk membuat kesepakatan sebelum akhir tahun, kata Komisioner Perdagangan Eropa Cecilia Malmstrom pada Senin (15/4/2019).

Uni Eropa menyetujui dua bidang untuk negosiasi, yang ditentang oleh Prancis dan abstain dari Belgia. Tetapi pertanian tidak dimasukkan, membiarkan blok 28-negara itu berselisih dengan Washington, yang bersikeras untuk memasukkan produk-produk pertanian dalam pembicaraan.

Pemungutan suara Uni Eropa memungkinkan Komisi untuk memulai dua set perundingan -- satu untuk memotong tarif barang-barang industri, yang lain untuk membuatnya lebih mudah bagi perusahaan untuk menunjukkan produk-produk yang memenuhi standar UE atau AS.

Malmstrom mengatakan dia sekarang akan menghubungi Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer untuk melihat kapan pembicaraan dapat dimulai.

"Kami siap segera setelah mereka," kata Malmstrom pada konferensi pers.

Seorang juru bicara Lighthizer menolak berkomentar.

Tetapi Senator AS Chuck Grassley, Ketua Komite Keuangan Senat yang berfokus pada pajak dan perdagangan, mengatakan kesepakatan perdagangan AS-UE yang mengecualikan pertanian akan "tidak mungkin" untuk mendapatkan persetujuan di Kongres AS karena begitu banyak anggota parlemen menginginkan akses pertanian ke Eropa.

"Penghapusan tarif industri dan hambatan non-tarif hanya membuat kita menjadi bagian dari perjalanan ke sana, terutama ketika kita menghadapi hambatan besar terhadap perdagangan pertanian di UE," kata Grassley, seorang petani Iowa, dalam sebuah pernyataan. "Pertanian adalah bagian penting dari ekonomi global dan tidak masuk akal untuk meninggalkannya."

Komisi Eropa mengatakan bersedia membahas mobil sebagai bagian dari pembicaraan barang industri, tetapi bukan pertanian.

"Pertanian tentu tidak akan menjadi bagian dari negosiasi ini. Ini adalah garis merah untuk Eropa," kata Malmstrom.

Dia menambahkan Brussels akan berusaha untuk menyetujui apa yang menjadi kesepakatan terbatas sebelum masa Komisi berakhir pada 31 Oktober. "Jika kita setuju untuk memulai, saya pikir itu bisa berjalan cukup cepat."

Malmstrom menekankan bahwa kesepakatan tarif-tarif potensial jauh lebih tidak ambisius daripada negosiasi "TTIP" sebelumnya, yang terhenti setelah tiga tahun dan sekarang dianggap usang.

Kedua belah pihak adalah mitra dagang terbesar satu sama lain. Aliran-aliran antara keduanya mewakili 30 persen dari perdagangan global.

Survei Komisi memperkirakan kesepakatan tentang tarif industri akan meningkatkan ekspor UE ke Amerika Serikat sebesar 8,0 persen dan produk AS yang menuju Eropa sebesar 9,0 persen.

Ancaman Tarif Mobil

Menggantung perundingan adalah ancaman Presiden AS Donald Trump untuk mengenakan tarif-tarif pada mobil dan suku cadang mobil sekitar 25 persen dengan alasan keamanan nasional.

Trump Juli lalu setuju dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker untuk tidak mengenakan tarif-tarif pada mobil dan suku cadang yang diproduksi Uni Eropa selama kedua belah pihak bernegosiasi mengenai perdagangan, termasuk penghapusan tarif pada "barang industri non-otomotif."

Tetapi Lighthizer telah menyuarakan frustrasi dengan "kebuntuan total" dengan Eropa tentang pertanian, mengatakan kepada komite kongres pada Maret bahwa tidak akan ada perjanjian perdagangan bebas AS-UE tanpa akses pertanian.

Pemerintah Uni Eropa sepakat blok itu tidak akan menyelesaikan negosiasi sampai Washington menghapus tarif-tarif yang telah diterapkannya pada baja dan aluminium UE, dan akan menunda negosiasi jika pemerintah Trump memberlakukan tarif baru, seperti pada mobil.

Jerman, yang ekspor mobil dan suku cadangnya ke Amerika Serikat lebih dari setengah total UE, termasuk di antara mereka yang paling bersemangat untuk melanjutkan pembicaraan.

Prancis, dengan sangat sedikit ekspor mobil AS, menginginkan ketentuan perubahan iklim dalam kesepakatan apa pun -- permintaan yang sulit mengingat penarikan Trump dari perjanjian iklim Paris. Demikian laporan yang dikutip dari Reuters.

Baca juga: Reli harga minyak terhenti, OPEC dan Rusia bakal tingkatkan produksi

Baca juga: Wall Street berakhir turun, terseret saham sektor keuangan yang jatuh

Baca juga: Dolar AS melemah di tengah meningkatnya pound sterling






 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019