Pesisir Barat (ANTARA) - Sebanyak 12 personel polisi Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, membawa logistik Pemilu, kendati harus melintasi medan yang berat.

"Kami harus melintasi medan yang sangat berat, bergumul dengan lumpur dan berjalan kaki selama enam jam," kata Kepala Polsek Bengkunat, Inspektur Satu Polisi Karyono, saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, saat membawa logistik beberapa tantangan medan berat harus dihadapi seperti jalan berlumpur dan menempuh sekitar enam jam untuk ke lokasi, yakni Pekon atau Desa Way Haru dan sekitarnya di pesisir barat.

Desa Way Haru, lanjutnya, termasuk wilayah paling terisolir di pesisir barat.

Pihaknya, melakukan pergeseran kotak dan surat suara dari PPS Pekon Wayharu sebanyak 35 kotak suara, Way tiyas sebanyak 20 kotak suara, Siringgading sebanyak 15 kotak suara, dan Bandardalam sebanyak 25 kotak suara.

Ia mengatakan, dalam membawa 95 kotak suara itu diangkut menggunakan 15 gerobak sapi.

"Saat ini 95 kotak suara dimaksud sudah tiba di Pemangku Sumbersari Pekon Sumberrejo, Kecamatan Bangkunat, sekitar pukul 23.00 WIB, kemarin malam," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya langsung dilanjutkan pemindahan kotak suara dari gerobak sapi ke dalam truk dan langsung menuju ke PPK Kecamatan Bangkunat, tiba sekitar pukul 23.45 WIB.

Iptu Ono Karyono menceritakan, dalam perjalanannya pergeseran kotak suara memakan waktu hingga enam jam.

"Jarak tempuh yang memakan waktu lama tersebut, disebabkan hujan yang terus mengguyur, sehingga membuat medan jalan menjadi berat," jelasnya.

Ia bersama anggota juga harus melintasi kubangan lumpur, untuk mendorong gerobak dan harus melalui jalur pinggir pantai yang kebetulan laut sedang pasang dan gelap.

"Kami hanya bermodalkan senter, untuk penerangan," kata dia. Ia menjelaskan, kondisi tersebut otomatis menghambat proses mobilisasi kotak suara karena sulitnya medan yang ditempuh.

"Berkat kegigihan anggota, kotak suara berhasil tiba hingga ke lokasi penjemputan," tambahnya

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019