Tangerang (ANTARA) - Kalangan anak saat ini sudah menjadi pelaku kekerasan sehingga persoalan tersebut harus diselesaikan secara bersama oleh semua elemen masyarakat, kata Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Indra Gunawan.

"Ini sangat memprihatinkan karena pelaku kekerasan tidak lagi oleh orang dewasa terhadap anak," katanya di Tangerang, Banten, Selasa malam.

Indra mengatakan hal itu dalam acara Temu Partisipasi Lembaga Masyarakat bertajuk "Sinergi Partisipasi Masyarakat untuk Meningkatkan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak di Indonesia" yang digelar di kawasan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, kasus kekerasan terhadap anak beragam, seperti paedofilia, dilacurkan, pornografi, kekerasan dalam rumah tangga, sodomi, dibunuh, dan terlantar.

Dia menambahkan tentang adanya tiga isu yang harus diakhiri,  yakni meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan dalam pembangunan, meningkatkan perlindungan bagi perempuan terhadap berbagai tindak kekerasan termasuk tindak perdagangan orang (PTPPO), dan meningkatnya kapasitas kelembagaan pengarusutamaan gender dan kelembagaan perlindungan perempuan dari berbagai tindak kekerasan.

Untuk menuntaskan tiga isu tersebut, kata dia, tentunya tidak bisa sendirian oleh satu pihak melainkan perlu partisipasi pihak lainnya, seperti dunia usaha, organisasi masyarakat, akademisi, dan media.

Dia mengatakan tentang perlunya partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak memasuki industri 4.0 melalui Forum Partsipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa).

Tujuan digelar acara tersebut,  merumuskan sinergi untuk mendukung implementasi enam urusan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Selain itu, kata dia, berbagai pengalaman keberhasilan dan kendala dalam pelaksanaan kerja sinergi yang telah dilakukan Forum Puspa dan tindaklanjutnya.

Tujuan lain, kata dia, mengoptimalkan program dan kegiatan Forum Puspa untuk kerja sinergi melalui dukungan berbagai pihak, termasuk melalui program tanggung jawab sosial lingkungan.

Inda mengatakan hal selanjutknya yang penting dilakukan berupa merumuskan gagasan inovatif dan menerapkan strategi sinergi yang akan dilakukan Forum Puspa.
 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019