Jakarta (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Muamalat (BMM) memberikan edukasi kepada warga Jakarta yang tengah berolah raga di area bebas kendaraan Sudriman-Thamrin dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Minggu.

"Kegiatan yang bertajuk 'Ramadhan Lebih Berkah dengan Sedekah' ditujukan untuk menyebarkan semangat berbagi dengan sesama melalui sedekah kepada anak-anak yatim dhuafa," kata Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan dalam acara Tarhib Ramadhan 1440 H di area bebas kendaraan Jakarta.

Teten mengatakan, kegiatan itu dikemas dengan aktivitas bersepeda, jalan santai, senam, dan lomba mewarnai.

"Kami memberikan edukasi kepada masyarakat umum dan komunitas bersepeda yang ada di Jakarta untuk berpartisipasi dan ternyata alhamduillah hasilnya sangat baik terkumpul 100 peserta untuk ikut bersepeda bareng di Tarhib Ramadhan," kata Teten.

Teten menjelaskan setiap satu kilometer kayuhan sepeda atau berjalan kaki yang dilakukan peserta akan didonasikan dalam bentuk sedekah kepada anak yatim dhuafa sebesar Rp50.000.

Rute untuk pesepeda mengambil start dari Masjid Albina Senayan - Menara Taspen, sedangkan untuk jalan sehat start dari Menara Taspen menuju Bundaran Hotel Indonesia serta finish di Menara Taspen kembali.

Teten juga menyampaikan tidak sekedar berolah raga dalam ajang ini juga disampaikan edukasi kepada masyarakat di "Car Freed Day" mengenai pentingnya melatih dan meningkatkan amalan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Sedekah yang terkumpul dari warga masyarakat akan diberikan dalam bentuk santunan kepada 100 anak yatim dhuafa serta mengajak mereka untuk bermain dan belajar di Kidzania Jakarta.

"Sebagai umat muslim kita berkewajiban untuk berbagi kepada para mustahik. Tidak hanya memberikan bantuan dalam bentuk tunai tetapi juga berbagi kegembiraan dengan menyediakan ruang bermain khususnya bagi anak-anak yatim dhuafa," ujar Teten.

Teten mengatakan sesuai tugasnya BBM menjalankan tugasnya di bidang pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZIZWAF) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat melalui program yang inovatif dan kreatif serta berkesinambungan.

"Program yang kami sudah dijalankan meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah, kemanusiaan, serta wakaf produktif," ujar dia.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019