Aplikasi "Pluto" bantu konsumen atasi persoalan kredit macet

id aplikasi keuangan,inklusi keuangan

Ilustrasi aplikasi Pluto yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kredit macet dan pengenaan bunga tinggi kepada masyarakat. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan berbasis teknologi informasi, Pluto, meluncurkan aplikasi untuk membantu konsumen dalam mengatasi persoalan kredit macet dan bunga tinggi yang ditawarkan perusahaan teknologi finansial berbasis pembiayaan.

"Pluto adalah aplikasi mobile lifestyle yang menempatkan diri di antara konsumen dan institusi finansial," ujar Co-Founder Pluto, Marc Uthay dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Uthay menjelaskan Pluto memiliki visi untuk memberi reward bagi masyarakat yang memiliki sikap positif terhadap kondisi finansial, seperti tepat waktu dalam membayar cicilan maupun pinjaman.

Pluto, tambah dia, juga akan membantu masyarakat yang ingin mendapatkan kemudahan bunga dan biaya pinjaman lainnya.

"Kami mengatasi masalah utama keuangan saat ini dengan produk lifestyle simple dan solusi terotomatisasi untuk membantu pengguna," katanya.

Pluto merupakan aplikasi cashback dan point reward yang memberikan bonus bagi pengguna dengan mengunduh bukti cicilan ke dalam aplikasi, untuk dikonversi menjadi cashback reward maupun Pluto poin.

Besarnya cashback reward yang ditawarkan dari bukti cicilan adalah sebesar 0,5 persen tanpa maksimal cashback.

Bonus berupa cashback reward, menurut Uthay, nantinya ditampilkan dalam rupiah dan nilai yang setara dengan emas terkini.

Melihat kemudahan ini, ia optimistis jika Pluto menjadi solusi kredit macet karena masyarakat memperoleh keuntungan lain setiap melunasi cicilan.

Sementara itu, perusahaan tidak perlu lagi menetapkan bunga tinggi karena ada kepastian pembayaran dari peminjam.

"Dengan menghimpun konsumen yang memiliki perilaku positif terhadap keuangannya, Pluto bertujuan untuk mengurangi bunga tinggi yang dikenakan saat ini pada masyarakat," ujar Uthay.

Selain itu, Pluto juga memiliki visi untuk meningkatkan pendapatan konsumen dengan terus menggunakan aplikasi ini.

Pluto ikut mengharapkan masyarakat mulai menyadari pentingnya investasi dengan memberikan pengetahuan yang penting tentang manajemen keuangan.

Untuk saat ini, jenis pembayaran cicilan yang dapat menerima cashback reward dan poin dari Pluto adalah cicilan motor, handphone, televisi, elektronik rumah tangga, furnitur, hingga pinjaman online.

Baca juga: Aplikasi Finansialku jamin keamanan data pengguna

Pewarta : Satyagraha
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar