Brazil dukung pemimpin oposisi Venezuela singkirkan Maduro

id juan Guaido,Nicolas Maduro,dukungan Brazil

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, yang diakui banyak negara sebagai pemimpin sah, mengangkat tangannya dalam demonstrasi bersama pendukungnya di Cabimas, Venezuela, Minggu (14/4/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Isaac Urrutia/djo/ama

Brasilia (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Brazil Ernesto Araujo mengatakan pada Selasa bahwa negaranya mendukung transisi demokratik di Venezuela.

Araujo juga mengungkapkan bahwa pemerintahnya mengharapkan militer  negara  tetangganya itu mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido serta menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro dari kekuasaan.

Araujo mengeluarkan pernyataan itu dalam acara jumpa pers, beberapa jam setelah Guaido mengatakan akan memulai "tahap akhir" rencananya untuk menyingkirkan Nicolas Maduro.

"Brazil mendukung proses peralihan demokrasi dan berharap agar militer Venezuela menjadi bagian dari itu," Araujo mengatakan.

Dia menyambut baik gerakan sebagian militer Venezuela, yang mengakui Guaido sebagai presiden yang sah di negara mereka.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro meminta suatu pertemuan digelar guna membahas keadaan di Venezuela sementara pemerintah mendapat informasi perkembangan situasi di negara tersebut, kata Wakil Presiden Hamilton Mourao kepada para wartawan.

Brazil adalah salah satu dari puluhan negara yang telah mengakui Guaido sebagai pemimpin di Venezuela. Tetapi, Brazil menentang campur tangan militer dalam menggulingkan pemerintahan sosialis Maduro.

Sumber: Reuters

Baca juga: Wapres: Venezuela hadapi upaya kudeta oleh sekelompok tentara
Baca juga: AS gunakan segala cara minta pertanggungjawaban Maduro

Pewarta : Maria D Andriana
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar