Saat ini, harga minyak curah masih Rp10 ribu per kilogramnya, untuk minyak goreng kemasan Rp24 ribu-Rp25 ribu per kilogram
Cianjur (ANTARA) - Harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Cianjur, Jawa Barat, masih stabil hingga hari kedelapan Ramadhan 2019, Senin.

Syam (30), pemilik toko sembako di Pasar Muka, Cianjur, kepada wartawan, mengatakan pada hari kedelapan bulan Ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok terbilang cukup stabil dengan stok melimpah.

"Saat ini, kebutuhan pokok seperti minyak curah masih Rp10 ribu per kilogramnya, untuk minyak goreng kemasan Rp24 ribu sampai Rp25 ribu per kilogram," katanya.

Namun, ungkap dia, hanya gula pasir sejak tiga hari terakhir mengalami kenaikan dari Rp12.000 per kilogram menjadi Rp13.500 meskipun pasokan gula normal.

"Untuk penyebab pasti kenaikan harga gula pasir karena dipicu tingkat pemakaian selama bulan Puasa terus meningkat dan cukup tinggi, sehingga menjadi faktor kenaikan," katanya.

Hal yang sama terucap dari Agus (51) pedagang telur ayam di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, sepekan puasa harga telur masih bertahan di angka Rp25.000 per kilogram.

"Sebelum masuknya bulan Ramadhan harga telur masih Rp23.000 per kilogram, namun satu hari menjelang harga mulai merangkak naik dan saat ini stabil di harga Rp25.000 per kilogram," katanya.

Sementara, Wakil Kepala Bulog Subrive
Cianjur Desi Asminati mengatakan meskipun tingkat pemakaian sembako tinggi selama Puasa, namun pihaknya menjamin stok yang ada di gudang Bulog Cianjur aman untuk tiga bulan ke depan.

"Saat ini stok beras mencapai 1.800 ton, minyak goreng 130.000 liter, gula pasir 130.000 kilogram dan terigu 2.000 kilogram. Stok tersebut mencukupi untuk tiga bulan ke depan," katanya.

Hingga satu pekan masuknya Puasa, tambah dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur dan Satgas Pangan Polres Cianjur, terkait harga dan rencana menggelar operasi pasar jika terjadi lonjakan.

"Kami masih memantau dan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak sebelum melaksanakan operasi pasar. Laporan untuk pekan kedua harga kebutuhan pokok masih stabil dan normal," katanya.

Baca juga: Pemudik dapat beristirahat sambil berwisata di Cianjur
Baca juga: Persediaan beras Bulog di Sukabumi mencukupi hingga Agustus

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019