Doha, Qatar (ANTARA) - Ketua Olimpiade Indonesia Erick Thohir mengatakan Indonesia akan membentuk kepanitiaan untuk tuan rumah Olimpiade 2032 pada tahun depan.

"Tentu panitia untuk Olimpiade ini harus sudah siap, ya akhir tahun ini atau awal tahun depan karena saya sendiri Juni sudah diminta untuk mulai menyiapkan persiapannya," kata Erick di Hotel Beau Rivage, Jenewa, Swiss, Kamis petang

Erick telah mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach di Museum Olimpiade, Lausanne, Swiss.

Baca juga: Wapres sampaikan kesiapan Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032

Menurut Erick, pertemuan itu untuk memberi kepastian bahwa Indonesia siap dalam menyelenggarakan Olimpiade 2032.

Erick menambahkan sejumlah fasilitas olahraga dan stadion tersedia di Indonesia.

"Dengan pertemuan hari ini Indonesia juga membuktikan keseriusan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Karena itu saya sendiri diminta hadir kembali tanggal 21 Juni untuk bersiap dengan segala prosedural ataupun langkah-langkah yang harus disiapkan di Indonesia sebagai tuan rumah," jelas Erick.

Dia mengatakan pada perhelatan Olimpiade akan menekankan teknologi ramah lingkungan.

Wapres JK saat pertemuan dengan Thomas Bach menjelaskan Indonesia berpartisipasi aktif dalam forum olahraga internasional.

"Semua dilakukan dengan mendukung prinsip-prinsip sportivitas yang berlaku secara global, netral dan tidak diskriminatif, serta menegakkan tata pemerintahan yang baik, dan juga mendukung kesetaraan gender," demikian Wapres. 

Baca juga: Bach "terkesan" dengan penawaran Olimpiade 2032 Queensland
Baca juga: Kemenpora minta JSC Palembang bersiap untuk Olimpiade
Baca juga: Korsel dan Korut surati IOC untuk tuan rumah bersama Olimpiade 2032

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019