Jakarta (ANTARA) -
Kendaraan taktis (rantis) dan tempur anoa TNI Angkatan Darat yang terletak di sebuah pusat belanja di kawasan Glodok, Jakarta Barat menjadi pusat perhatian anak-anak.
 
Pantauan ANTARA, Rabu sore, sejumlah anak-anak usia balita menaiki rantis dan tempur anoa TNI AD yang bersiaga di depan pusat perbelanjaan Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok Jakarta Barat, kemudian bergaya imut untuk difoto.
 
Husep, warga Kelurahan Angke Jakarta Barat, mengajak anaknya melihat langsung rantis TNI sebagai bentuk edukasi sejak dini mengenai alat pertahanan keamanan negara.
 
"Banyak berita tentang demo, yah, anak saya jadi penasaran dengan kendaraan TNI yang dia lihat di televisi. Saya perlihatkan di sini, dan ternyata diperbolehkan untuk berfoto di atasnya," ujar Husep.
 
Husep mengatakan, meski di wilayah Glodok sedang diterapkan pengamanan ketat oleh TNI dan Polri, ia tidak terlalu khawatir dengan aksi 22 Mei yang sedang berlangsung.
 
Sehingga, ia merasa aman membawa anak-anaknya ikut berbuka puasa bersama dirinya di sebuah restoran kawasan Sawah Besar.
 
Sama halnya dengan Rahman, warga Glodok yang menyempatkan untuk mendandani anaknya bak tentara cilik dan berfoto di dekat rantis dan tempur anoa TNI AD.
 
"Saya rasa masih aman-aman saja, 'kan sudah dijaga aparat di wilayah ini. Jadi, saya tidak khawatir membawa anak lihat kendaraan ini," ujar Rahman.
 
Rantis dan tempur anoa TNI AD itu terletak di samping didirikan posko TNI-Polri. Tampak sejumlah anggota TNI-Polri berjaga di dalam posko tersebut.
 
Kendaraan itu disiagakan guna membantu pengamanan Ibu Kota saat pengumunan hasil Pemilu 2019.
 
Di sisi lain, rantis tersebut juga menjadi sarana TNI memberi edukasi, mendekatkan diri, dan menumbuhkan rasa cinta, serta kebanggaan kepada rakyat.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan, Joko Susilo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019