namun dengan kehadiran sinergi BUMN ini sangat membantu dan diharapkan BUMN-BUMN dapat menjadi orang tua asuh bagi anak-anak kami
Jakarta (ANTARA) - PT Asabri (Persero) bersinergi dengan tiga perusahaan BUMN menyerahkan santunan senilai Rp850 juta dan 1.000 Al Quran kepada warga Nusa Tenggara Barat.

“Penyerahan 1.000 Al Quran ini diharapkan dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat wilayah Provinsi NTB dalam mendukung kegiatan spiritual, khususnya di Bulan Suci Ramadhan ini," kata Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) Djoko Rachmadhy di Jakarta, Minggu.

Dalam kegiatan itu, PT Asabri (Persero) bekerja sama dengan tiga perusahaan BUMN,yakni PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan PT Sarinah (Persero), sedangkan bantuan kepada warga setempat diserahkan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), yayasan, pondok pesantren, masjid, dan mushalla di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB di Mataram, NTT pada Jumat (24/5) dan Sabtu (25/5).

Kegiatan itu rangkaian Safari Ramadhan 1440 Hijriah yang diinisiasi Kementerian BUMN dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Pada Jumat (24/5) , dilakukan penyerahan 1.000 Al Quran di selasar utara masjid. Kegiatan itu akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (Muri) karena penyerahan Al Quran itu secara serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Hadir pada kegiatan itu, antara lain Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, Kepala Dinas Sosial Pemprov NTB Wismaningsih Drajadiah, dan beberapa perwakilan pejabat Pemerintah Provinsi NTB.

Secara simbolis, Al Quran diserahkan langsung Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi kepada para perwakilan dari beberapa LKSA, yayasan, dan balai sosial asuhan anak. Penandatanganan berita acara penyerahan oleh Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) dan Kepala Dinas Sosial Pemprov NTB Wismaningsih Drajadiah.

“Al Quran ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dibaca setiap hari, jangan sampai hanya ditaruh," kata Sitti.

Sitti mengucapkan terima kasih atas bantuan hasil sinergi dari empat BUMN kepada masyarakat setempat..

Pada Sabtu (25/5) sebagai acara puncak Safari Ramadhan 1440 Hijriah, dilakukan penyerahan santunan kepada 1.000 anak yatim piatu, berupa uang tunai Rp250 ribu, perlengkapan sekolah senilai Rp100 ribu, serta perbaikan sarana dan prasarana masjid, mushalla, dan pondok pesantren di lima titik di NTB dengan jumlah masing-masing Rp100 juta.

Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) Djoko Rachmadhy mengatakan tentang manfaat bantuan tersebut.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kebutuhan masyarakat, khususnya anak-anak, di LKSA wilayah Provinsi NTB dapat terbantu dan terpenuhi serta dirasakan manfaatnya," katanya.

Kepala Dinas Sosial Pemprov NTB Wismaningsih Drajadiah mengucapkan terima kasih kepada empat BUMN itu karena telah bersinergi untuk membantu masyarakat NTB.

"Kebutuhan dasar masyarakat, khususnya anak-anak, di LKSA masih sangat terbatas. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian memenuhi itu semua, namun dengan kehadiran sinergi BUMN ini sangat membantu dan diharapkan BUMN-BUMN dapat menjadi orang tua asuh bagi anak-anak kami ," katanya.
 

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019