Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memasang rambu-rambu "ke kiri jalan terus" di sejumlah titik untuk memperlacar laju kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulon Progo Hera Suwanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan rambu-rambu "ke kiri jalan terus" dipasang di persimpangan jalan yang memiliki alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), diantaranya persimpangan Toyan, Terminal Wates, Pertigaan Milir di Kecamatan Pengasih, Perempatan Kenteng dan Perempatan Ngeplang di Kecamatan Sentolo.

"Pemasangan dilakukan dalam rangka mengantisipasi kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2019," kata Hera.

Selain rambu ke kiri jalan terus, ia mengatakan Dishub memasang penunjuk arah wisata, dan rambu imbauan di perlintasan sebidang kereta api tanpa palang pintu. pemasangan rambu penunjuk jalan objek wisata dipasang di pertigaan Drewolo, Kecamatan Pengasih.

"Di lokasi tersebut merupakan persimpangan jalan menuju sejumlah objek wisata, di antaranya Kalibiru, Pule Payung, dan Kedungpedut," katanya.

Sementara, pemasangan rambu-rambu perlintasan sebidang dipasang di sejumlah titik. Pemasangan rambu bekerja sama dengan pemerintah desa beberapa waktu lalu.

"Kami juga telah minta pemerintah desa untuk mengerahkan Linmas guna menjaga perlintasan tersebut, mulai H-3 hingga H+3 Lebaran," katanya,

Sementara itu, salah satu pengendara yang merupakan warga Pengasih Utut mengatakan jalur di sini cukup lancar, hanya tidak ada petunjuk arah jalan, khususnya menuju objek wisata.

"Seharusnya Dishub memasang rambu-rambu permanen, tidak hanya saat mau lebaran saja," katanya.

Baca juga: Kulon Progo andalkan Glagah sebagai tujuan wisata libur Lebaran

Baca juga: Kulon Progo siagakan 10 Puskesmas selama mudik dan balik Lebaran

Pewarta: Sutarmi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019