Banjarmasin (ANTARA) - Bakti Kesehatan Sunatan Massal Gratis yang digelar Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan selama bulan suci Ramadhan telah mengkhitan sebanyak 764 anak.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim mengatakan, ada 15 lokasi di Kota Banjarmasin dan sekitarnya dari 15 hari pelaksanaan sunatan massal dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-73 Bhayangkara pada 1 Juli 2019 tersebut.
​​​​​
"Setelah Lebaran nanti pada 25 Juni 2019 kami gelar lagi berlokasi di SD Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin untuk ke-16 sekaligus sebagai penutup lantaran ada permintaan dari warga setempat," terang Erwinn di Banjarmasin, Rabu.

Untuk itu, bagi warga yang berminat mengkhitan putranya agar bisa mendatangi lokasi kegiatan pada hari pelaksanaan atau bisa terlebih dahulu mendaftarkan diri ke sekolah setempat atau ke Bid Dokkes Polda Kalsel.

Erwinn mengakui, jumlah anak yang dikhitan memang jauh dari target yang diharapkan yakni 2.000 anak. Hal itu disebabkan sejumlah faktor.

Di antaranya banyak pihak yang juga sudah melaksanakan sunatan massal gratis sehingga jumlah anak yang belum dikhitan semakin berkurang.

"Tahun lalu sampai 3.000 anak kita khitan. Tahun ini target 2.000, cuma dapat 764 anak. Mudah-mudahan di penutupan nanti bisa lebih banyak anak yang dikhitan melalui sosialisasi yang lebih luas," harapnya.

Erwinn pun berharap kepada Polres jajaran yang nantinya juga melaksanakan kegiatan serupa setelah Lebaran bisa mendapatkan jumlah anak yang banyak untuk dikhitan.

"Pada bulan Juni nanti Polres melaksanakan sunatan massal. Disarankan bisa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan atau CSR dari perusahaan dan lain sebagainya,sehingga cakupannya akan semakin besar dan jumlah anak dikhitan banyak sesuai yang diharapkan," kata dia.

Pewarta: Firman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019