Jakarta (ANTARA) - Pengelola Ancol Taman Impian menyiapkan beragam hiburan baru bagi para pengunjung yang akan merayakan momen kebersamaan dengan keluarga pada Lebaran 2019.

Di lokasi wisata ikonis ibu kota yang berlokasi di Jakarta Utara itu, warga dapat menikmati beragam hiburan mulai dari penampilan orkestra terapung di pinggir pantai hingga wahana-wahana baru.

"Selama libur Lebaran, Ancol menyediakan banyak pilihan hiburan. Pantai Ancol menyediakan hiburan 'Ancol Orchestra' yaitu orkestra yang dilakukan secara terapung di Pantai Ancol Lagoon," kata Manajer Komunikasi Korporat Ancol Taman Impian Rika Lestari di Jakarta, Rabu (30/5).

Rika mengatakan "Ancol Orchestra" dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung pada 5-7 Juni 2019 di area pantai yang dibuka 24 jam itu.

Selain penampilan orkestra terapung, pengunjung yang datang membawa anak ke Ancol Lagoon dapat juga menyaksikan pertunjukan tokoh kartun "Robocar Poli". Pertunjukan tokoh kartun mobil itu dapat disaksikan setiap pukul 13.00 WIB dan 17.00 WIB.

Pengelola Ancol, menurut Rika, menargetkan kenaikan jumlah pengunjung sebanyak sembilan persen atau 436 ribu orang dari total pengunjung selama libur Lebaran 2018 yang mencapai 398.343 orang.

Jumlah kunjungan ke Ancol diperkirakan akan mencapai puncak pada hari ketiga Lebaran 2019 atau pada 7 Juni.

Guna mencapai target kenaikan kunjungan pada libur Lebaran 2019 itu, penambahan wahana juga dilakukan oleh anak perusahaan Ancol Taman Impian yaitu Dunia Fantasi yang kerap dikenal sebagai Dufan.

Baca juga: Dufan segera luncurkan sembilan wahana baru

Pada libur Lebaran 2019, Dufan membuka satu kawasan baru bernama Dunia Kartun yang dikhususkan untuk pengunjung yang datang bersama keluarga.

Kepala Departemen Pemasaran Dunia Fantasi Ticha Hestiningrum mengatakan wahana baru bernama ‘Dunia Kartun’ itu menjadi keseriusan Dufan untuk melayani keluarga dan tidak hanya berfokus untuk menjadi arena pengujian adrenalin.

Ticha juga mengatakan terdapat enam wahana yang ramah keluarga dalam Dunia Kartun dengan standar keamanan yang tinggi.
 
Wahana Turbo Drop yang bisa dinaiki oleh segala usia dan akan dibuka pada 5 Juni 2019 di Dufan, Ancol Taman Impian, Jakarta (ANTARA/ Livia Kristianti)


Kawasan Dunia Kartun terdiri atas enam wahana baru yang ramah bagi semua pengunjung yakni New Ontang-Anting, Zig-Zag, Karavel, Kolibri, Para Layang, dan Turbo Drop.

Keenam wahana tersebut memungkinkan orang tua untuk mendampingi anak mereka yang masih kecil untuk bermain di arena yang terfokus pada kenyamanan keluarga itu.

Namun, Dufan terasa kurang lengkap tanpa wahana adrenalin. Oleh karena itu, di kawasan Dunia Kartun terdapat satu wahana yang dapat memacu adrenalin bernama Baling-Baling.

Ticha mengatakan Baling-Baling merupakan wahana adrenalin pertama di Asia yang akan mengantarkan penumpang untuk merasakan sensasi diputar hingga 360 derajat di ketinggian 30 meter.

Baca juga: Taman Impian Jaya Ancol tetap buka pada hari pertama Idul Fitri

Dengan kapasitas permainan untuk 30 orang, Baling-Baling memiliki dua poros. Satu poros akan memutar enam Baling-Baling dan satu porosnya lagi di tiap Baling-Baling akan berputar juga. Wahana itu cocok bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin mereka.

Selain arena Pantai Ancol Lagoon dan Dufan, Ancol juga menyediakan arena lain seperti Atlantis Water Advanture dengan delapan wahana luncur baru dan bisa dinikmati pengunjung segala usia.

Tidak hanya bermain, pengunjung juga dapat sekaligus belajar di kawasan Ancol lewat pertunjukan di Ocean Dream Samudra Ancol yang menampilkan Penguin Humbolt di kawasan konservasinya bernama Penguin Kingdom atau pengunjung dapat ikut memberi makan ribuan ikan piranha di Sea World Ancol.
 
Penguin Humbolt di Penguin Kingdom Ocean Dream Samudra Ancol, Jakarta. (ANTARA/ Livia Kristianti)


Keamanan dan kenyamanan

Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama pengelola Ancol Taman Impian.

"Kami menambahkan pegawai keamanan dan kebersihan khusus untuk libur lebaran kali ini. Penambahan pegawai itu akan berdampak pada kenyaman pengunjung juga," kata Rika.

Ancol menambahkan sebanyak 1.349 personel keamanan, 110 petugas kebersihan, dan 81 personel penjaga pantai.

"Para petugas tambahan tersebut berasal dari penjaringan internal dan juga para petugas paruh waktu. Untuk keamanan, kami bahkan menambah dari Satpol PP dan anak Pramuka," ujarnya.

Selain penambahan petugas, Ancol Taman Impian juga menambahkan transportasi di kawasan seperti bus Wara- Wiri dan sepeda listrik yang tidak dipungut biaya.

"Ada electronic bike dan Bus Wara-Wiri yang bisa digunakan oleh pengunjung saat libur Lebaran nanti dan bisa digunakan secara gratis untuk menjangkau seluruh area Ancol Taman Impian," ujar Rika.

Baca juga: Ancol tawarkan promo "ngabuburit" seru selama Ramadhan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019