Orang tua dimbau Menteri PPPA selalu awasi anak saat mudik

id menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,mudik lebaran,pemudik perempuan,pemudik anak,Yohana Yambise

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise (kanan) bersama pemudik perempuan (kiri) dan pemudik anak (tengah) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019). (FOTO ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengimbau orang tua untuk selalu mengawasi anak saat mudik Lebaran.

“Untuk menjaga anak-anak mereka jangan berkeliaran, di mana saja anak berada kadang-kadang anak tidak tenang, jalan-jalan. Itu harus dipantau, diawasi jangan sampai mereka mengalami kekerasan,” katanya saat meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Menteri PPPA juga meminta orang tua untuk menjaga kesehatan, dan selalu memperhatikan makanan anak saat mudik.

“Kalau sudah selesai Lebaran dan sudah saatnya kembali, mereka (orang tua) harus mempersiapkan anak-anak kita untuk kembali ke sekolah,” kata Yohana.

Menteri PPPA juga meminta perempuan untuk menjaga diri agar terhindar dari ancaman kekerasan. Dia juga meminta partisipasi laki-laki untuk melindungi perempuan.

“Bilamana mereka (laki-laki) melihat ada sesuatu bentuk kejahatan pada perempuan, mereka harus membantu melindungi, apakah itu kekerasan psikis, ataupun kekerasan seksual, atau emosional atau apapun bentuknya ke perempuan dan anak,” ujar dia.

Menteri Yohana Yembise tiba di Stasiun Pasar Senen, pukul 09.47 WIB, untuk menyapa pemudik perempuan dan anak.

Pada kesempatan itu, Yohana Yambise juga membagikan 500 bingkisan, yang berisi biskuit, susu, air mineral, botol minum dan buku bacaan, kepada pemudik anak, dan juga 150 bingkisan untuk pemudik perempuan.

Tidak hanya menyapa pemudik, Yohana juga meninjau fasilitas ruangan menyusui dan pos kesehatan yang ada di Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, suasana di Stasiun Pasar Senen masih dipadati oleh pemudik. Sebagian besar berada di ruang tunggu sebelum "check in" dan di peron untuk menunggu keberangakatan kereta.

Baca juga: Menteri Yohana sapa pemudik perempuan dan anak di Stasiun Pasar Senen

Baca juga: KPAI minta ortu pastikan kenyamanan anak saat mudik

Baca juga: Kemenhub dukung pelaksanaan mudik yang ramah anak

Baca juga: KPAI: Lebih baik tidak mudik jika naik motor bersama anak


Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar