Di gardu pandang Kaliurang beberapa fasilitas juga telah ditata seperti 12 titik lampu taman, mushala, dan sembilan pergola.
Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menata sejumlah objek wisata untuk menambah keindahan serta kenyamanan wisatawan pada libur Lebaran 2019.

"Dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan daya tarik wisatawan, kami telah melakukan penataan kios-kios pedagang dan kuliner serta area parkir," kata Kepala Dispar Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Minggu.

Menurut dia, penataan tersebut di antaranya dilakukan di objek wisata Tlogo Putri Kaliurang, Pakem, berupa penataan dan rehab delapan kios buah, 33 kios kuliner dan penyediaan sembilan toilet.

"Kami juga menghiasi kawasan Tlogo Putri dengan seni mural tiga dimensi (3D)," katanya.

Ia mengatakan, selain itu penataan juga dilakukan di kawasan Gardu Pandang Merapi di Kaliurang.

"Di gardu pandang Kaliurang beberapa fasilitas juga telah ditata seperti 12 titik lampu taman, mushala, dan sembilan pergola," katanya.

Sudarningsih mengatakan untuk layanan aksesibilitas juga telah memasang penunjuk arah di area objek wisata Kaliurang.

"Upaya ini kami lakukan untuk memudahkan wisatawan menikmati berbagai ragam lokasi wisata keluarga yang menarik di Kaliurang," katanya.

Ia mengatakan, selama libur Lebaran pihaknya juga menyelenggarakan
Festival of Light di Gardu Pandang Kaliurang dengan atraksi utama "hot air baloon" (balon udara untuk menikmati view Kaliurang dan Kota Yogyakarta dari atas Kaliurang pada 29 Mei sampai 14 Juli.

"Penataan yang sama juga kami lakukan di kawasan objek wisata Taman Tebing Breksi di Prambanan. Kami perkirakan Tebing Breksi akan n menjadi destinasi favorit pada liburan Lebaran," katanya.
Baca juga: Dinas Pariwisata Sleman percantik desa wisata dengan seni instalasi
Baca juga: Pelaku wisata sambut libur Lebaran meski Merapi masih waspada

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019