Baturaja (ANTARA) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memantau harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat guna memastikan tidak terjadi lonjakan harga menjelang lebaran.

"Inspeksi mendadak (Sidak) yang kami laksanakan bersama pihak kepolisian Polres OKU dan PD Pasar Baturaja ini guna memantau harga kebutuhan bahan pokok yang biasanya melonjak menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab OKU, Ahmad Tarmizi sekaligus Ketua TPID setempat di Baturaja, Minggu.

Dia mengatakan, sidak yang dilakukan pihaknya tersebut menyasar pada sejumlah kios di kawasan Pasar Atas dan Pasar Baru guna memastikan tidak terjadi lonjakan harga bahan pokok yang dijual pedagang mendekati perayaan Idul Fitri 1440 . tahun 2019.

"Tim bertanya langsung kepada pedagang apakah ada kenaikan harga yang signifikan atau tidak selama Ramadhan dan menjelang lebaran," katanya.

Sejauh ini, kata dia, berdasarkan hasil pantauan di dua pasar tersebut harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran relatif normal atau masih stabil.

"Secara umum, harga kebutuhan pokok masih terbilang stabil, demikian pula suplainya juga lancar," ungkapnya. Beberapa jenis bahan pokok yang dipantau oleh pihaknya tersebut seperti beras, telur, minyak, gula, tepung serta harga beberapa jenis sayuran mulai dari sawi, kacang panjang dan lainnya.

"Termasuk juga harga daging sapi saat ini masih relatif normal yaitu kisaran Rp130.000/Kg. Sedangkan untuk bawang putih dan merah masih dipatok pedagang antara Rp35.000 hingga Rp40.000/Kg," ujar dia.

Menurut dia, selain harga masih relatif stabil, ketersediaan bahan pokok di pasar Kabupaten OKU saat ini juga dinilai mencukupi kebutuhan masyarakat untuk lebaran tahun ini.

"Diharapkan minimal hingga H-1 Idul Fitri harga tetap stabil mengingat ketersediaan bahan pangan yang cukup sehingga diyakini tidak akan terjadi kenaikan harga," ujarnya.

Baca juga: Forkopimda sidak ke pasar antisipasi lonjakan harga
Baca juga: Disnak sidak kualitas daging di Pasar Timika
Baca juga: Harga sembako di Palembang dinilai masih terkendali


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019