Sejumlah ruas jalan seperti jalan Gusti Situt Mahmud, 28 Oktober, Jalan Sultan Hamid I dan II Kecamatan Pontianak Utara mengalami kemacetan. Sementara itu, dari jalur Tanjung Raya Hulu, hingga jalan Tanjung Raya I dan II di bawah jembatan Kapuas I Ke
Pontianak (ANTARA) - Memasuki H+2 Lebaran, Sabtu (8/6), sejumlah ruas jalan di Kota Pontianak sejak pukul 15.30 sore sampai berita ini diturunkan mengalami macet, akibat arus balik mudik dan aktivitas Lebaran masyarakat.

Sejumlah ruas jalan seperti jalan Gusti Situt Mahmud, 28 Oktober, Jalan Sultan Hamid I dan II Kecamatan Pontianak Utara mengalami kemacetan. Sementara itu, dari jalur Tanjung Raya Hulu, hingga jalan Tanjung Raya I dan II di bawah jembatan Kapuas I Kecamatan Pontianak Timur, kendaraan juga padat merayap.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, pihak Dirlantas Polda Kalbar mengalihkan sejumlah jalur jalan, dimana untuk kendaraan yang akan menuju ke Jembatan Kapuas I dari arah jalan Veteran dialihkan menuju jalan Budi Karya dan menembus di Jalan Imam Bonjol.

Macet di sejumlah ruas jalan tersebut juga mengakibatkan antrean pada penyeberangan Ferry Bardan, dimana kendaraan yang mengantre pada pukul 16.15  sampai di alun-alun Kapuas.

Kemacetan juga terjadi di bawah jembatan Kapuas II, di simpang Kodal XII Tanjung Pura sampai ke Desa Kapur Kabupaten Kubu Raya.

"Rencana saya mau keluar Pontianak sore ini lewat jalur jalan Pahlawan, ternyata jalur menuju jembatan kapuas I di tutup. Saya coba menggunakan ferry barda, antreannya juga sampai Alun Kapuas. Akhirnya saya lewat Pondok Indah Lestari tembus Adi Sucipto baru tembus jembatan Kapua 2 dan mau lurus menuju Ambawang, malah di tutup dan dibuang ke arah Tanjung Raya dan masih macet dipertigaan Panglima Aim," kata Dedi, salah watu warga Jl. Reformasi, Pontianak.

Terpisah, Budi Rahman, salah watu warga Kota Baru mengatakan, dirinya akan pulang menuju Kota Pontianak, setelah mudik Lebaran di rumah orang tuanya di Mempawah.

"Karena Senin sudah mulai masuk, jadi kami pulang Sabtu ini, biar besok masih bisa silaturahmi ke rumah teman dan keluarga yang ada di Pontianak. Tidak tahunya, jalan sudah macet, ini sudah dua jam jalan dari Tugu Khatulistiwa baru sampai bawah jembatan Kapuas I," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019