Bandarlampung (ANTARA) - Pada H+2 arus balik Idul Fitri 1440 H, Sabtu (8/6), Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, telah menyeberangkan penumpang sebanyak 156.934 orang.

Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Sugeng Purwono mengatakan berdasarkan data laporan per 24 jam, arus mudik di Pelabuhan Bakauheni dari tujuh dermaga di sana mencapai 156.934 orang yang menyeberang.

Dengan rincian pemudik pejalan kaki mencapai 23.158 orang sedangkan pemudik dengan kendaraan sebanyak 133.776 orang yang diangkut dengan 34 kapal ferry. "Kami mengoperasikan 34 kapal dalam satu hari dengan 177 trip penyeberangan," kata dia.

Sementara itu jumlah kendaraan yang masuk di Pelabuhan Bakauheni per satu hari pada H+2 mencapai mencapai 34.367 unit baik roda dua maupun roda empat.

Rinciannya, kendaraan roda dua yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni sebanyak 14.697 unit sedangkan untuk kendaraan roda empat dan lebih, seperti mobil pribadi, bus dan truk mencapai 19.670 unit. "Peningkatan ini sangat signifikan terutama pada pemudik kendaraan roda empat," kata dia.

Sementara itu Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspa Dewi memprediksi puncak arus balik ada pada H+2 dan pada Hari ini (H+3).

"Puncak arus balik ada pada kemarin dan hari ini dan kami akan tetap bersiaga di hari selanjutnya karena jumlah orang yang mudik tidak sama pasti dengan jumlah orang yang melakukan arus balik," kata dia.*


Baca juga: Arus balik bermotor padati dermaga penyebarangan pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Pemudik kembali memadati Pelabuhan Bakauheni


Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019