Pameran bergengsi di Inggris itu bisa diikuti oleh perajin-perajin khas unggulan dari Garut sehingga produk lokal Garut semakin terkenal di luar negeri dan bisa menarik investor asing ke Garut.
Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan sejumlah produk kerajinan khas dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pameran produk kerajinan di Inggris yang akan memberikan keuntungan bagi perajin sekaligus mengenalkan Garut di negara tersebut.

"Kedutaan Besar kita (Indonesia) di Inggris mengundang khusus Kabupaten Garut untuk mengikuti satu pameran yang menampilkan  produk Garut," kata Bupati saat pengukuhan pengurus baru Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Garut di Lapangan Sekretariat Daerah Pemkab Garut, Senin.

Ia menuturkan, Kedutaan Besar Indonesia di Inggris telah menyampaikan langsung akan mengundang khusus untuk memamerkan produk Garut dalam sebuah pameran yang diselenggarakan di London pada 6 dan 7 September 2019.

Ia berharap, pameran bergengsi di Inggris itu bisa diikuti oleh perajin-perajin khas unggulan dari Garut sehingga produk lokal Garut semakin terkenal di luar negeri dan bisa menarik investor asing ke Garut.

"Mudah-mudahan kita bisa mengikuti kegiatan itu, semoga kita bisa menampilkan sesuatu yang bisa menarik investor ke Garut," katanya.

Ia berharap, pengurus baru Dekranasda di Garut bisa terus memberi semangat dan berinovasi untuk mendorong berbagai produk kerajinan di Garut agar memiliki nilai yang lebih istimewa.

Ia menegaskan, Dekranasda merupakan organisasi independen sebagai mitra pemerintah untuk saling mendorong dan mengembangkan produk kerajinan di Garut.

"Dekranasda harus memberikan keuntungan bagi perajin kecil dan membuat inovasi bagi para perajin," katanya.

Ia menambahkan, salah satu produk kerajinan yang menjadi ciri khas Kabupaten Garut yakni batik garutan yang sudah ada sejak 1800an, atau lebih tua dibandingkan dengan batik dari Cirebon.

Selain itu, lanjut dia, ada kerajinan akar wangi yang saat ini digunakan menjadi sesuatu yang unik, menarik dan bermanfaat seperti menjadi produk sajadah.

"Sajadah akar wangi dari Garut ini sudah terkenal dengan wanginya," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019