Jayapura (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua membentuk badan atau instansi khusus yang nantinya akan mengelola venue-venue PON XX di Bumi Cenderawasih itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, di Jayapura, Jumat, mengatakan dengan adanya badan pemerintah khusus yang dibentuk untuk mengelola itu sehingga dapat merawat dengan baik venue-venue tersebut.

"Jika dikelola dengan baik maka dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber daya PON ke depan," katanya.

Menurut Imam, cukup banyak pengalaman setelah pelaksanaan PON usai, bahwa venue-venuenya tidak terawat, di mana pihaknya tidak ingin menyebutkannya, namun hal tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Oleh karena itu, jauh hari, hal ini harus dipersiapkan betul di mana diharapkan harus disampaikan kepada Gubernur Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan venue-venue yang ada kini merupakan terbaik sehingga tinggal bagaimana ke depannya disiapkan dengan baik sehingga pelaksanaan PON XX dapat berjalan lancar.

"Selain itu, pascapelaksanaan PON XX pada 2020 di Provinsi Papua, venue-venue juga harus diperhatikan," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya bersyukur sempat melihat Stadion Papua Bangkit, kemudian Istora dan beberapa venue lain di mana ini betul-betul menggembirakan, semua dalam proses serta sebagian pada Desember 2019 sudah dapat dilihat.

Baca juga: Menpora minta noken jadi cenderamata PON XX Papua

Baca juga: Menpora minta promosi PON XX Papua terus digaungkan

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019