Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi secara resmi menyerahkan jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kepada pihak keluarga.

Penyerahan jenazah Sutopo kepada keluarga dilakukan oleh Menlu Retno didampingi Kepala BNPB Letjen Doni Monardo di rumah duka Raffles Hills di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu malam.

Baca juga: Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou

Menlu Retno menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya Sutopo dan berharap almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan.

Jenazah Sutopo akan disemayamkan Minggu malam ini di rumah duka tersebut, dan pada sekira pukul 02.00 WIB dini hari akan diberangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta untuk kemudian diterbangkan ke Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Kepala BNPB: Sutopo pekerja keras yang tak pernah mengeluh

Sutopo Purwo Nugroho akan dimakamkan di kampung halamannya di Boyolali di tempat pemakaman umum (TPU) Sonolayu pada Senin (8/7) pagi.

Sutopo menghembuskan napasnya yang terakhir pada Minggu (7/7) pukul 02.20 (01.20 WIB) di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, saat tengah menjalani perawatan untuk penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Sutopo sebelumnya bertolak ke Guangzhou, China, untuk proses pengobatan penyakit kanker paru selama sebulan.

Sutopo telah menjalani serangkaian perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit karena kanker paru-paru yang diidapnya. Ia divonis terkena kanker paru-paru pada 17 Januari 2018.

Pihak Kementerian Luar Negeri RI berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou membantu proses pemulangan jenazah Sutopo ke Tanah Air.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019