Bantul (ANTARA) - Kementerian Agama Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta jamaah calon haji mengumpulkan koper pada H-2 atau dua hari sebelum keberangkatan ke Tanah Suci sesuai yang sudah dijadwalkan.

"Kita sudah kondisikan untuk persiapan keberangkatan yang dimulai pada Jumat 12 Juli, untuk itu nanti H-2 jamaah harus mengumpulkan koper, diterima di Masjid Agung Manunggal Bantul," kata Humas Kantor Kemenag Bantul Ponijo ketika dihubungi di Bantul, Selasa.

Oleh karena itu, kata dia, untuk jamaah calon haji Bantul yang masuk kelompok terbang (kloter) 22 SOC berjumlah 54 orang harus mengumpulkan koper jamaah pada Rabu (10/7) mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB di komplek Masjid Agung Manunggal.

Pada hari berikutnya Kamis (11/7) pelayanan pengumpulan koper untuk jamaah calon haji yang berturut-turut berangkat dari Kabupaten Bantul pada Sabtu (13/7), yaitu dari Kloter 23 SOC, Kloter 24 SOC dan Kloter 25 SOC.

"Kemudian nanti (pemberangkatan) di 4 Agustus pengumpulan koper dilakukan pada 2 Agustus untuk jamaah di Kloter 97 SOC. Kemudian untuk tiga orang tambahan jamaah di Kloter Sapu Jagad masih menunggu informasi," katanya.

Dia mengatakan, total ada sebanyak 1.082 jamaah calon haji Bantul ditambah tujuh petugas yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada 2019/1440 Hijriah, yang terbagi ke dalam lima kloter dan satu kloter tambahan.

"Prinsipnya kita sudah persiapan untuk keberangkatan baik dari internal kita, karena kan ada kepanitiaan yang khusus Kemenag, tapi ada kepanitiaan bersama Pemda," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Bantul Sukamto mengatakan dari 1.082 jamaah calon haji Bantul, ada yang dari Kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) diantaranya Rindu Ka'bah, Muslimat HDWR, Aisyiah, Arofah, Multazam, Hajar Aswad, Bina Umat dan mandiri.

Dia mengatakan untuk jamaah calon haji tertua perempuan atas nama Ny. Supiah Muh Anwar (96) dari Dusun Kembaran Desa Tamantirto Kecamatan Kasihan, sedangkan jama'ah calon haji termuda adalah Meika Dira Mu tashim (22) asal Wonokromo, Kecamatan Pleret Bantul.*


 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019