Mekkah (ANTARA) - Calon haji tertua asal Magetan Jawa Timur, Sukinah, yang tergabung dalam Kloter 1 Surabaya atau SUB-01 yang baru saja tiba di Mekkah, Senin malam, berdoa ingin terus kuat dan sehat.

Sukinah dengan dibantu petugas haji duduk di kursi roda dan disambut dengan lantunan shalawat Nabi begitu tiba di Kota Mekkah.

Nenek berusia 93 tahun dengan sembilan anak ini turun dari bus memasuki pelataran Hotel Al Okhs disambut selain dengan lantunan shawalat Nabi juga taburan bunga.

Perempuan yang telah mempunyai cucu dan buyut yang jika dikumpulkan seluruhnya sebanyak 70 orang itu tampak semringah dan dalam kondisi segar bugar meski baru saja menempuh perjalanan dengan bus dari Madinah selama sekitar 4 jam.

Sukinah mengaku sehat meski harus duduk di kursi roda agar fisiknya tetap prima setelah menempuh perjalanan panjang dari Madinah untuk kemudian melanjutkan ibadah di Mekkah.

“Doa saya nyuwun ke Allah supaya kuat dan sehat. Anak 9 saya sudah haji semua. Saya agak telat karena ngurusi anak,” katanya.

Sukinah mengatakan selama di Madinah ia selalu meminta kepada Allah agar diberi karunia sehat, dan panjang umur.

Menurut dia, ia selama ini kuat mengasuh sembilan anak dan ketika dewasa bisa hidup mulia.

“Kalau tiap hari zikir terus. Dulu 30 ribu, sekarang tinggal 15 ribu. Karena badan kurang kuat,” katanya.

Suami Sukinah bernama Joyo Juri sudah meninggal dunia pada 1979.

Sukinah didampingi oleh anak ketiganya, Sunarti (67), dan menjawab pertanyaan siapapun yang bertanya kepadanya dengan baik.

Sukinah menjelaskan daftar haji sejak 2011. Sunarti, anak Sukinah, menjelaskan nyaris tidak ada masalah dengan kesehatan ibunya.

“Ibu sehat selama di Madinah hanya darah tinggi, Ibu tidak sampai Arbain. Banyak di hotel saja karena fisiknya. Alhamdulillah sehat selalu. Beberapa kali shalat di masjid Nabawi. Selama di Madinah sehat sekali,” kata Sunarti.

Sunarti menjelaskan sebelum berangkat ibunya secara fisik sehat dan biasa saja tanpa keluhan apapun.

“Ibu suka tirakat. Puasa wajib juga penuh dan Senin-Kamis. Kegiatan ibu hanya rumah tangga,” katanya.

Baca juga: Jemaah tertua bersama kloter 1 tiba di Mekkah disambut shawalat Nabi

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019