Kloter 8 calhaj Kampar-Rokan Hilir diberangkatkan dari Embarkasi Batam

id Kemenag Riau,calhaj kloter 8,embarkasi Hang Nadim Batam (BTH)

Jamaah calon haji menunggu diberangkatkan dari Embarkasi Batam Hang NadimĀ (BTH) . (FOTO ANTARA/HO-Humas PPIH Embarkasi BTH)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 448 jamaah calon haji (calhaj) yang tergabung dalam kloter 8 Embarkasi Batam Hang Nadim (BTH) asal Kabupaten Kampar dan Rokan Hilir, Provinsi Riau, sudah meninggalkan Madinah menuju Mekkah pada pukul 1.30 waktu Arab Saudi pada Ahad (21/7).

"Sebelumnya bus jamaah harus dipastikan berhenti di Zulhulaifa atau yang lebih dikenal dengan Bir Ali, untuk miqat makani atau mengambil niat umroh wajib," kata pranata humas ahli Kanwil Kemenag Riau, Vethria Rahmi, di Pekanbaru, Ahad.

Mengutip laporan Ketua Kloter 8 BTH Sugeng Syafriadi, dijelaskan bahwa di Bir Ali jamaah disarankan berwudhu kembali jika sudah batal, shalat tahiyattul masjid dua rakaat, dan memperbanyak membaca istighfar.

Selanjutnya, katanya, jamaah juga mendoakan orang tua dengan surat Alfatihah dan melaksanakan sholat sunnat ihram dua rakaat.

"Jumlah calhaj yang sudah bergeser dari Madinah ke Mekkah hari ini berjumlah 443 jamaah dan 5 petugas haji, jadi keseluruhan jumlah kloter 8 adalah 448 orang," katanya.

Sementara itu, jumlah jamaah haji yang telah tiba di Mekkah sudah 6 kloter, dan mereka tetap diimbau untuk beristirahat terlebih dahulu setiba di Mekkah nanti untuk memulihkan stamina, baru kemudian melakukan rangkaian ibadah umrah.

Dalam kloter 8 tercatat 1 jamaah yang masih dirawat di RSAS King Fahd Madinah yakni Sumarto Karyadi Karya asal kota Bangun Tapung Kampar, karena sakit.

Baca juga: JCH lakukan senam sebelum masuk pesawat

Baca juga: 447 JCH Kloter 3 Embarkasi Batam bergerak ke Mekkah

Baca juga: Dua calon haji kloter 3 Batam tunda ke Mekah


 

Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar