Medan (ANTARA) - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut mendapat tambahan satu rangkaian (trainset) kereta penumpang untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi di wilayah tersebut.

"Rangkaian kereta apinya sudah tiba di Pelabuhan Belawan, Senin, 22 Juli 2019. Trainset kereta penumpang itu berasal dari Daop 2 Bandung," ujar Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar di Medan, Selasa.

Menurut dia, satu trainset kereta terdiri dari 8K1+1Km2 +2P dan segera dibawa ke dipo KAI Sumut.

Depot lokomotif atau Dipo KAI adalah tempat menyimpan, menyiapkan, melakukan pemeriksaan, memelihara, dan perbaikan ringan agar lokomotif siap untuk melakukan tugasnya menarik rangkaian kereta api.

Untuk melakukan semua kegiatan itu, dipo dilengkapi dengan bangunan, jalan rel khusus untuk pemeliharaan dan pencucian, gudang persediaan suku cadang atau komponen, fasilitas pendukung, dan pegawai pengelola dipo.

"Rangkaian kereta tersebut akan diperiksa terlebih dahulu oleh unit sarana PT KAI Sumut sebelum dioperasikan," ujarnya.

Ilud mengakui, kereta api itu nantinya akan diprioritaskan untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah di wilayah PT KAI (Persero) Divre I Sumut.

"Penambahan kereta api itu untuk meningkatkan layanan kepada penumpang dan sekaligus mengantisipasi penambahan jumlah penumpang KAI," ujar Ilud.

Baca juga: Rel layang kereta api Sumut direncanakan beroperasi Agustus
Baca juga: Pemkot Medan - KAI Sumut sepakat operasikan "sky bridge" tahun ini
Baca juga: Pembangunan jalur KA Rantauprapat - Kota Pinang Sumut sudah 60 persen


Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019