Sebanyak 58 pucuk senpi rakitan, empat laras panjang kita amankan beserta tujuh amunisi aktif, semua didapat dari partisipasi warga yang sadar dengan sendirinya menyerahkan senpi tersebut ke polisi
Mesuji (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Mesuji menyita puluhan senjata api rakitan beserta amunisi aktif yang diserahkan secara sukarela dari masyarakat setempat.

"Sebanyak 58 pucuk senpi rakitan, empat laras panjang kita amankan beserta tujuh amunisi aktif, semua didapat dari partisipasi warga yang sadar dengan sendirinya menyerahkan senpi tersebut ke polisi," kata Pelaksana Harian Kapolres Mesuji AKBP Prianto Teguh Nugroho, di Mesuji, Rabu.

Baca juga: Polisi jaga perbatasan Lampung-Sumatera Selatan
Baca juga: Pascabentrok, Bupati minta Kementerian Kehutanan turun ke Mesuji


Ia menegaskan, bagi warga yang menyerahkan senpi dengan suka rela akan diindungi atau tidak dikenakan sanksi hukum.

Sementara lanjut dia, bagi yang tidak menyerahkan maka polisi akan menindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang Senjata Api dan Bahan Peledak.

AKBP Prianto Teguh Nugroho, dalam kesempatan itu menuturkan, selain menyita senpi rakitan, Polres Mesuji juga berhasil menangkap pelaku tindak pidana yang merupakan target operasi.

Menurut dia, selama 14 hari terhitung sejak 5 Juli hingga 18 Juli 2019 Polres Mesuji berhasil mengungkap kasus, yakni kasus curas sebanyak satu orang dan kasus curat serta curanmor sebanyak empat orang.

Operasi Sikat Krakatau selama dua pekan berhasil menangkap target operasi (TO) satu orang berinisial In(30) warga Sungai Badak Kecamatan Mesuji, dan bukan TO sebanyak tiga kasus berhasil menangkap empat orang.

Mereka diantaranya kasus curat berinisial FM (26) warga Wirabangun, Kecamatan Simpang Pematang HD (15) warga Bangun Mulyo dan MC (35).

Kemudian kasus curanmor berinisial PY (34) warga Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya.

Baca juga: Pangdam Sriwijaya kunjungi lokasi bentrok Register 45 Mesuji Lampung
Baca juga: Pangdam, Kapolda dan Bupati kunjungi keluarga korban bentrok di Mesuji
Baca juga: Personel gabungan TNI dan Polri masih bersiaga di Register 45 Mesuji

Pewarta: Agus Wira Sukarta dan Raharja
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019