Sejauh ini kami sudah menggelar kegiatan yang sama di sembilan daerah (3T) di antaranya yaitu di Lebak, Madura, dan Kalimantan
Kendari (ANTARA) - Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar pelatihan pemanfaatan fasilitas pembelajaran bagi 32 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Rumbia, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelatihan tersebut untuk meningkatkan wawasan guru PAUD di daerah itu dalam memberikan pembelajaran kepada anak didik melalui media audio, khususnya di daerah 3T ( Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

"Sejauh ini kami sudah menggelar kegiatan yang sama di sembilan daerah (3T) di antaranya yaitu di Lebak, Madura, dan Kalimantan," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPMRPK Kemendikbud, Joko Wahyono, di sela rangkaian pelatihan itu di Bombana, Kamis.

Dia menjelaskan daerah 3T sedang menghadapi tantangan besar bagi kelangsungan PAUD, yaitu penggunaan teknologi gawai yang berlebihan, sehingga berpengaruh pada kesehatan mata dan kurangnya pengembangan daya imaginasi bagi anak usia dini.

"Mengatasi permasalahan itu, kami memberikan solusi dengan cara memaksimalkan pemanfaatan audio melalui sistem pembelajaran kepada anak usia dini, " kata dia.

Upaya mengoptimalkan pemanfaatan media audio itu, lanjut Wahyono, ditandai dengan penyaluran bantuan MP3 Player yang berisikan 179 materi pembelajaran kepada 32 lembaga PAUD di Bombana dan daerah 3T lainnya di Indonesia.
Sebanyak 32 peserta guru Paud saat mengikuti pelatihan. (Foto Antara/Azis Senong)


Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana Dahniar Ismail mengapresiasi adanya bantuan berupa media audio berisi materi pembelajaran bagi PAUD yang disalurkan oleh  BPMRPK Kemendikbud itu.

"Kami berharap agar bantuan tersebut dapat dimaksimalkan bagi keberlangsungan pendidikan anak " kata dia.

Gelar pemanfaatan media audio PAUD juga ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, serta penyerahan MP3 Player kepada 32 penerima bantuan.

Baca juga: Kemendikbud bantu guru PAUD tingkatkan kompetensi
Baca juga: Pameran GTK PAUD se-Indonesia dibuka Wagub Babel
Baca juga: Mendikbud : 99 persen pengelolaan PAUD oleh masyarakat

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019