Wakili wisudawan, mahasiswa UI sampaikan pidato di UQ Australia

id Universitas Indonesia,UI,UI Depok,sarjana internasional UI,The University of Queensland (UQ), Australia.,Ayu Namira Pramecwari

Ayu Namira Pramecwari saat menyampaikan pidato kelulusan di wisuda The University of Queensland (UQ), Australia. (FOTO ANTARA/HO-Humas UI/Feru Lantara).

Depok (ANTARA) - Mahasiswa program sarjana kelas internasional (KI) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) angkatan 2015 Ayu Namira Pramecwari berhasil terpilih menjadi valedictorian atau wakil wisudawan serta berkesempatan menyampaikan pidato kelulusan dalam upacara wisuda di Faculty of Health and Behavioral Science di The University of Queensland (UQ), Australia.

Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti di kampus UI Depok, Jumat mengatakan pencapaian itu merupakan prestasi membanggakan, karena tidak hanya mengharumkan nama UI di jejaring perguruan antarbangsa, melainkan juga meningkatkan rekognisi pendidikan tinggi Indonesia di kancah internasional.

Atas prestasi cemerlang mahasiswa Fakultas Psikologi UI itu, kata dia,, School of Psychology UQ telah menyediakan beasiswa berupa full tuition waiver (bebas biaya kuliah) bagi 3 orang mahasiswa program KI Fakultas Psikologi UI yang mengambil Program Honours tersebut.

Capaian itu, kata dia, juga menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa program KI diakui sangat memuaskan serta dukungan kuat dari School of Psychology UQ kepada para mahasiswa program KI di Fakultas Psikologi UI.

Sementara itu, Ayu Namira mengaku bangga memperoleh kesempatan berharga ini dan sempat tidak menyangka karena tahun lalu valedictorian pun telah terpilih sudah dari Program Studi Psikologi juga.

Semasa studinya, Ayu menunjukkan prestasi yang sangat baik seperti berkesempatan menerima beasiswa UI-UQ full tuition waiver selama studi di UQ, memperoleh predikat cum laude dengan IPK 3.68 dari 4,00 di UI, memperoleh penghargaan Dean’s Commendation of Excellence atas prestasi akademik yang sangat baik, yaitu memperoleh Indonesia Presidential Scholarship (IPS) di atas 6.00 dari 7.00, memperoleh UQ Employability Award atas partisipasi aktifnya dalam berbagai kegiatan non-akademik di UQ.

Sarjana Kelas Internasional yang dijalani Ayu merupakan program pendidikan jenjang sarjana strata satu double degree di mana mahasiswa yang mengambil program ini akan menempuh setengah masa studinya di kampus UI dan setengah masa studi lainnya di universitas mitra serta akan memperoleh ijazah dan gelar dari kedua universitas.

Ayu menempuh semester 1 hingga 3 di Fakultas Psikologi UI kampus Depok dan semester 4-6 di School of Psychology UQ,Australia.

Untuk ke depannya, Ayu berencana untuk melanjutkan studi ke Program Honours di School of Psychology, UQ, sebuah program berdurasi satu tahun yang mempersiapkan mahasiswa menempuh pendidikan pascasarjana pada Februari 2020.

Baca juga: Mahasiswa UI juara umum festival tari di Prancis

Baca juga: Mahasiswa FTUI raih penghargaan ajang kapal hemat energi dunia

Baca juga: Mahasiswa UI juarai ajang kompetisi bisnis di Korea

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar