Jambi (ANTARA) - Bupati Muarojambi Masnah Busyro turut membantu memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Desa Arang Arang, Kecamatan Kumpeh Ulu, bersama aparat TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Manggala Agni, dan warga.

Bupati perempuan pertama di Provinsi Jambi tersebut pada Sabtu (3/8) membantu menyemprotkan air ke area kebakaran lahan di dampingi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi Muhammad Zakir.

Mengenakan kaus oranye seragam BPBD, celana jin, dan kerudung biru dia mengarahkan selang air ke pepohonan dan rumput yang terbakar dalam proses pendinginan.

Bupati menyampaikan penghargaan kepada seluruh tim yang terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran lahan yang dalam sepekan terakhir melanda bagian Kecamatan Kumpeh Ulu, wilayah yang berdekatan dengan kampung halamannya.

Kebakaran itu terjadi di lahan gambut, sehingga sulit dipadamkan.

Pemerintah Kabupaten Muarojambi telah menggelar rapat koordinasi membahas kendala pemadaman api dan strategi untuk mengatasinya. Pemerintah kabupaten juga melakukan koordinasi untuk membahas upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dalam jangka menengah dan panjang.

Dalam hal ini, pemerintah kabupaten akan memetakan kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan kemudian bersinergi dengan perusahaan perkebunan untuk mengadakan drone guna mendukung upaya pemantauan dari udara selama musim kemarau.

Satuan Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Provinsi Jambi sejak Sabtu (3/8) mendapat dukungan berupa helikopter pemadam kebakaran hutan yang dilengkapi dengan kantong air berkapasitas 4.000 liter.

Baca juga: Muarojambi kerahkan dua drone untuk pantau karhutla
 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019