Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Panut Mulyono mengatakan sebaiknya pemerintah memperbaiki kondisi internal perguruan tinggi negeri (PTN) sebelum mengimpor rektor asing, antara lain dengan mengoptimalkan keberadaan dosen PNS.

Sebenarnya jumlah dosen atau profesor yang dimiliki PTN tidaklah sedikit, namun seringkali dosen PNS tersebut memilih menjabat sebagai pejabat struktural di institusi pemerintahan daripada mengajar di lingkungan kampus, kata Panut.

"Kita harus mengakui bahwa internal perguruan tinggi di Indonesia pun perlu perbaikan. Jumlah dosen yang menjabat di struktural itu banyak, sehingga waktu untuk mengerjakan penelitian itu kurang, banyak juga dosen yang dipinjam institusi pemerintah. Itu juga mengurangi aktivitas beliau-beliau itu di bidang Tri Dharma," kata Panut usai menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, Rabu.

Bahkan tidak sedikit dosen PNS lebih memilih berkiprah di posisi struktural kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian atau BUMN. Sehingga hal itu menyebabkan jumlah dosen berprestasi yang berada di lingkungan kampus justru semakin sedikit. Akibatnya, lanjut Panut, kampus tersebut menjadi sulit untuk dapat memenuhi kriteria yang dapat membawa PTN itu masuk ke dalam daftar publikasi peringkat universitas dunia seperti Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking dan Times Higher Education World University Rankings.

Baca juga: UI raih peringkat 82 perguruan tinggi negara berkembang

Baca juga: Kemristedikti umumkan peringkat perguruan tinggi



"Jadi persoalannya itu banyak. Bayangkan ketika ada rektor asing ditempatkan di situ, dia harus mengerjakan ini, harus mengerjakan itu. Ya bisalah dibayangkan sendiri," ujarnya.

Panut mengatakan selama ini kampus-kampus negeri sebenarnya sudah bekerja sama dengan mitra asing dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Sehingga, bentuk kerja sama seperti itu lebih efektif diterapkan dan ditingkatkan daripada mempekerjakan profesor asing menjadi rektor atau dosen tetap di PTN.

Kemenristekdikti menargetkan sedikitnya lima PTN akan dipimpin rektor terbaik dari luar negeri pada 2024. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas PTN dalam menciptakan lulusan di era persaingan global.

Baca juga: Kemenpar gandeng 132 mitra co-branding hadapi persaingan pariwisata

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019