Indeks harga daerah penghasil pisang Xinhua-Tiongkok dirilis di Kabupaten Chengmai, Provinsi Hainan

Indeks harga daerah penghasil pisang Xinhua-Tiongkok dirilis di Kabupaten Chengmai, Provinsi Hainan

Konferensi pers indeks harga area penghasil pisang Xinhua-Tiongkok (Antara/AsiaNet)

AsiaNet 73667

BEIJING, 23 Mei 2018 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

"Indeks harga daerah penghasil pisang Xinhua-Tiongkok" yang disusun bersama oleh Pemerintah Rakyat Kabupaten Chengmai, Provinsi Hainan dan China Economic Information Service (CEIS), anak perusahaan Xinhua News Agency resmi dirilis di Provinsi Hainan, Tiongkok selatan pada 15 Mei.

Indeks ini bertujuan memantau status operasi dan tren perkembangan daerah penghasil pisang di Tiongkok serta menciptakan barometer bagi industri.

Menurut laporan, base date indeks ini ditetapkan pada 3 Juli 2017, dengan base point-nya berada di angka 100. Per tanggal 11 Mei 2018, indeks tersebut dilaporkan menyentuh 87,05 point, naik 0,63 point atau 0,73 persen dari tanggal rilis sebelumnya dan turun 12,95 point atau 12,95 persen dari base period.

"Indeks harga daerah penghasil pisang Xinhua-Tiongkok" memilih harga transaksi kelima area penghasil pisang utama (Hainan, Guangxi, Yunnan, Guangdong dan Fujian) sebagai contoh, serta mengumpulkan data harga setiap dua hari. Bobot indeks tersebut disesuaikan menurut produksi pasar, konsumsi dan fitur musiman.

Indeks ini merupakan contoh klasik integrasi mendalam big data dan ekonomi riil. Ia memanfaatkan sepenuhnya lokasi dan keahlian industri Kabupaten Chengmai dalam produksi pisang. Ini memiliki arti positif untuk membantu pemerintah mengambil keputusan, memandu pengembangan industri, membina budidaya ilmiah petani pisang, dan membangun zona perdagangan bebas (pelabuhan) Hainan, kata wakil direktur Kabupaten Chengmai Wang Baohan.

Indeks ini dapat mencerminkan secara obyektif dan akurat kondisi operasi dari area penghasil pisang di Tiongkok, memberikan informasi harga yang terbuka dan transparan bagi industri, serta menghindari ketidakpastian harga di pasar pisang, ujar Su Huizhi, wakil presiden CEIS.

CEIS adalah anak perusahaan sepenuhnya Xinhua News Agency, dan menawarkan lima platform di tingkat nasional di antaranya Xinhua Finance, Xinhua Silk Road, Xinhua Credit, Shanghai Petroleum and Natural Gas Exchane (SHPGX) serta Xinhua Think Tank. Sebagai lembaga profesional pertama Tiongkok yang mempelajari, merilis, mempromosikan dan mengoperasikan indeks gabungan, Indeks Xinhua telah berkomitmen membangun empat sistem produk: Xinhua Price Index, Xinhua Theme Index, Xinhua Evaluation Index dan Xinhua Finance Index, serta meluncurkan serangkaian produk berpengaruh.

Sumber: China Economic Information Service (CEIS)

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=312860
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024